BERITA UTAMA

Tumbu-Tumbu Jaya Dicangkan sebagai Desa Demokrasi

Ketua KPU Sultra Hidayatullah saat membuka Pencanangan Kampung Demokrasi di desa Tumbu-tumbu Jaya.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Desa Tumbu-tumbu Jaya, kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan Dicanangkan sebagai kampung demokrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selasa (26/12).
Ketua KPU Sultra Hidayatullah, saat membuka pencanangan tersebut mengatakan nantinya kampung ini akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam melaksanakan proses Demokrasi Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra tahun 2018 yang bersih dan sehat.
“Jadikan pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Sultra tahun 2018 sebagai pemilihan partisipasi dan bukan pemilihan mobilisasi. Ini kita canangkan sebagai cikal bakal demokrasi, maka yang akan dilakukan disini adalah bagaimana warga, bisa menjadi contoh, pemilih yang menjadi contoh bagi masyarakat lain,” katanya.
Dikatakan dalam meningkatkan peran masyarakat KPU Sultra merangkul komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi kecamatan Kolono Timur sebagai mitra dalam mensosialisasikan petingnya Demokrasi yang sehat.
“Meningkatkan peran masyarakat, komunitas peduli pemilu, sebagai mitra dalam mensosialisasikan Pengetahuan pentingnya pemilu. Jangan tidak di kasih beras, kasih uang, diajak ditarik untuk memilih. Tapi bagaimana sadar untuk pergi memilih ke TPS, dan itu adalah hak hati nirani, KPU, pak desa, pak sekcam tidak boleh menekan bapak ibu,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut mantan ketua KNPI Sultra ini berjanji jika berhasil menjadi kampung Demokrasi, pihaknya akan mengundang KPU RI untuk meninjau Desa Tumbu-tumbu jaya.
“Saya dengar-dengar Kolono Timur ini, tingkat partisipasinya tinggi. Mudah-mudahan ini bisa jadi cikal bakal, saya berhanji untuk mendatangkan KPU RI untuk berkunjung ke Kolono Timur Ini,” tandasnya.
Dalam kesempatan KPU Sultra juga mengelar sosialisasi Pendidikan Pemilih & Partisipasi
Masyarakat Sultra oleh Kordiv. SDM & Parmas
KPU Sultra La Ode Abdul Natsir serta Sosialisasi Pemilihan Gubernur (PILGUB) Sulawesi Tenggara 2018 oleh Kordiv. Teknis KPU Sultra Iwan Rompo Banne. (k1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top