MUNA

Hari Ini, Rumah Adat Muna Diresmikan

Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu saat memantau penataan halaman rumah adat Muna yang akan diresmikan oleh Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata pada hari ini.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Demi melestarikan kebudayaan Muna, Pemkab Muna membangun rumah adat Muna Bharugano Wuna, yang akan diresmikan hari ini oleh pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Hal tersebut diungkapkan Kabag Humas dan Protokoler Pemda Muna Amiruddin Ako, Rabu (27/12).
Menurutnya, tujuan Pemkab Muna membangun rumah adat tersebut di dalam kota Raha, selain menjadikan Muna sebagai salah satu pusat pariwisata di Indonesia juga bertujuan untuk menghidupkan kembali kebudayaan Muna, yang saat ini kondisinya mulai terkikis oleh era modernisasi.
“Tujuannya adalah bagaimana generasi muda kita ini, bisa mengetahui budaya Muna. Disini akan dijadikan pusat kajian budaya. Karena didalam bangunan Bharughano Wuna ini, akan diisi dengan benda-benda kerajaan Muna seperti bendera kerajaan, barang pusaka yakni tombak, keris, pakaian para Raja Wuna, tempat tidur Raja, serta berbagai macam pusaka peninggalan kerajaan Wuna akan disimpan di dalam Bharughano Wuna ini,” ungkap Amir sapaan akrab Amiruddin Ako.
Lanjut Amir memaparkan, usai peresmian rumah adat, malam harinya masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis dangdut fenomenal asal Ibu Kota Jakarta. “Malamnya, Juwita Bahar (penyanyi dangdut, red) akan menghibur masyarakat,” katanya.
Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kabid Cipta Karya Dinas PU Muna, Muhammad Aswan Kuasa saat ditemui Kolaka Pos di lokasi pembangunan rumah adat Muna jalan Bypass kota Raha menuturkan, hingga kemarin progres pembangunan tiga unit rumah adat tersebut sudah mencapai 98 persen.
“Tinggal finising saja. Kalau pembuatan pagar, penataan halaman menggunakan paving block serta pintu gerbangnya itu, itu semua swadaya,” ungkapnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top