KONAWE SELATAN

KPU Konsel Beri Pemahaman Pemilih Disabilitas

Sosialisasi pemilih disabilitas.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–KPU Konsel menggelar sosialisasi kepada pemilih penyandang disabilitas. Kegiatan ini dalam rangka menghadapi persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun depan. Bertempat di Aula Desa, Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto, Rabu (27/12).
Ketua KPU Konsel, Herman mengungkapkan, sosialisasi ini diikuti oleh 25 wajib pilih dengan melibatkan Dinas Sosial Pemda Konsel. Adapun peserta pemilih disabilitas meliputi tuna netra, tuna daksa, tuna rungu dan lansia.
“KPU Konsel menfasilitasi wajib pilih, dengan terlebih dahulu memberikan pemahaman dalam hal menyalurkan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilgub mendatang, setiap warga negara punya hak sama yakni menyalurkan hak pilihnya. Terkhusus para penyandang disabilitas,” papar Herman.
Pihaknya berharap sejumlah peserta penyandang disabilitas, dapat ikut berpartisipasi dalam Pilgub nanti. Mereka tetap akan difasilitasi dan akan disiapkan alat bantu atau peraga khusus disetiap TPS.
“Ini sesuai dalam tahapan pemilih, dengan demikian dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu kedepan,” harapnya.
Di tempat yang sama, bagian disabilitas Dinsos Konsel, Rosita menambahkan, sebelum para penyandang disabilitas menyalurkan hak pilihnya, terlebih dahulu mereka dijamin masalah kesehatannya, kemudian akses informasi, sarana, prasarana dan fasilitas.
“Dinsos Konsel siap membantu dan membackup dalam hal perlengkapan alat peraga, sesuai harapan pemerintah dalam meningkatkan partisipasi pemilu menuju demokrasi yang sehat,” tutupnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top