MUNA

Saleh Lasata Resmikan Rumah Adat Muna, Bupati Muna Panen Pujian dari Plt Gibernur Sultra

KOLAKAPOS, RAHA– Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sultra, Saleh Lasata tak henti-hentinya memberikan pujian kepada Bupati Muna LM Rusman Emba akan kegigihan orang nomor satu di bumi Sowite itu dalam membangun dan menghidupkan serta memperkenalkan kebudayaan masyarakat Muna melalui program kepariwisataan. Hal tersebut diungkap orang nomor satu di Bumi Anoa ini saat meresmikan Rumah Adat Muna yakni Bharugano Wuna yang digelar dijalan bypas kota Raha Kamis, (28/12).

Menurutnya, untuk menghidupkan jatidiri kebudayaan serta adat istiadat masyarakat Muna tidak bisa ditawar-tawar. Sebab hal tersebut merupakan suatu kebanggaan. “Wajar, untuk kedua kalinya saya salut dan apresiasi Bupati yang mulai mengeksplor semua jatidiri yang ada di kabupaten Muna,” ucapnya

Saleh Lasata mengatakan, saat Ia menjabat sebagai Bupati Muna pada 1995 hingga 1997, dirinya saat itu mempuyai keinginan yang cukup besar untuk membangun rumah adat Muna. Namun hal tersebut belum dapat diwujudkannya, sebab saat itu Ia kembali mendapatkan mandat dari Mabes ABRI untuk menjadi Ketua DPRD Sultra. “Mimpi untuk mengadakan rumah ini (Bharugano Wuna), saya juga dulu sudah bermimpi satu persatu. Alhamdulillah yang menyelesaikan Bupati setelah saya. Mudah-mudahan rumah adat yang dibangun ini membawa manfaat untuk masyarakat Muna maupun masyarakat di Muna Barat,”tandasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Muna LM Rusman Emba dalam sambutannya mengatakan lewat perantara festival budaya wisata, dirinya membangun dan menghidupkan kembali peradaban kajayaan kerajaan Muna yang pernah jaya dimasa lampau. “Rumah adat ini merupakan simbol kesatuan dan persatuan kita. Ini adalah spirit, dimana kita akan bertransformasi. Kita membangun peradaban lama untuk masuk ke paradaban baru yang sangat luar biasa sekali,”ungkapnya. (m1/bhen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top