BERITA UTAMA

Surunuddin “Mengamuk” di Pelabuhan Langgapulu

Bupati Konsel Surunuddin Dangga

 Menemukan Oknum UPT Langgapulu Pungli

KOLAKAPOS, Andoolo — Emosi bupati Konawe Selatan, Surunuddin, memuncak tatkala mendapati pedagang di wilayahnya kena Pungli dari oknum staf Dinas Perhubungan Sultra. Hal tersebut ditemukannya di wilayah pelabuhan Langgapulu, Kolono Timur.

Padahal, saat itu Surunuddin bermaksud meninjau jalan penghubung kecamatan Kolono dan kecamatan Laonti. Namun saat bertemu sejumlah pedagang makanan di areal pelabuhan, ia mendapati aduan terkait penarikan retribusi sebesar Rp150 ribu perbulan oleh oknum staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penyeberangan Langgapulu, yang bernaung dibawah Dishub Sultra.

Mendapati laporan tersebut, spontan Surunuddin naik pitam. “Tidak bisa seperti ini, ini wilayah Konsel. Jika, semua warung ini ada di dalam area pelabuhan tidak ada masalah. Itu urusan mereka (UPT) mau pungut retribusi (jika warung berada di dalam areal pelabuhan, red). Tapi areal ini (luar wilayah pelabuhan, red) wilayah kami (Konsel). Tidak bisa seperti ini, kalau mereka mau, mari kita adu fisik saja,” geramnya.

Bupati yang didampingi Kabag Umum & protokoler, Djaya Suharianto, Camat Kolono Timur, Abdul Rajab S.STp, serta Kapolsek Kolono AKP Yulianus, langsung meminta salah seorang warga memanggil staf UPT Penyeberangan Langgapulu. Namun hingga 30 menit, tak satupun pegawai tersebut yang mau bertemu Bupati Konsel.

Kesal tidak ditemui, politisi Golkar itu memperingatkan kepada para pedagang untuk tidak memberikan uang retribusi lagi kepada oknum. “Januari nanti, jangan lagi kalian beri uang sewa itu, itu tidak benar,” tegas Surunuddin, disambut senyum bahagia pemilik warung.

Tidak hanya itu, bahkan Bupati juga menginstruksikan kepada Kapolsek Kolono, untuk memberikan perhatian khusus kepada praktek yang bisa dikategorikan pungli itu. “Mohon pak Kapolsek, dipantau, jika mereka masih minta uang langsung tangkap dan amankan,” pintanya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top