KOLAKA TIMUR

Bupati Koltim : Jangan Puas Dengan Satu Inovasi

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah Saat Melakukan Pemukulan Gong Sebagai Tanda Dimulai Kegiatan Bursa Inovasi Desa Di Aula Kantor DPRD Koltim. FOTO: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Bupati Kolaka Timur (Koltim) H Tony Herbiansyah menghimbau kepada semua desa agar tidak puas dengan satu inovasi dan terus membuat inovasi-inovasi baru demi kemajuan desa. Hal ini ditegaskan Tony Herbiansyah saat membuka Bursa Inovasi Desa di aula kantor DPRD Koltim yang dihadiri semua camat, kepala desa, dan kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta tokoh perempuan se-Koltim Sabtu kemarin (30/12).

” Karena ini program berlanjut, maka kita harus mencari inovasi yang lain, kita tidak boleh puas dengan satu inovasi tetapi bagaimana kita harus mencari ide-ide yang lain, ” tegas Tony Herbiasnyah dalam sambutannya.

Menurut ketua DPW NasDem Sultra ini, program inovasi desa merupakan program baru dari pemerintah pusat yang harus dikembangkan oleh setiap desa, sebab banyaknya potensi-potensi yang ada di desa, baik dari potensi sumber daya manusianya (SDM) maupun potensi sumber daya alamnya (SDA) yang harus dikembangkan, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah pendapatan masyarakat di desa. ” Dengan program ini saudara-saudara sekalian yang ada di desa dengan berbagai perangkatnya, baik itu kepala desa, BPD dan yang lainnya harus bangkit dari tidurnya untuk memberikan inovasi-inovasi terbaru yang ada, sesuai potensi yang ada didesanya, sehingga mempunyai nilai tambah baik untuk dirinya maupun desanya dan daerah, ” ucapnya.

Saat ini, kata Tony masyarakat tidak bisa lagi telalu terlena dengan SDA yang dimiliki, sebab dunia kita sekarang dunia yang penuh kompetisi. ” Jangankan antar desa, antar orang per orangpun kita sudah saling berkompetisi, begitu juga dengan produk-produk, ” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut dia sudah banyak kita lakukan tetapi tidak terorganisir, tidak terpola, dan tidak terakomodir utamanya pasar, karena kita tidak banyak pasar sehingga inovasi-inovasi yang sudah kita lakukan mati ditengah jalan. Olehnya itu melalui kegiatan hari ini bagaiman kita bisa mencari solusinya, sehingga inovasi-inovasi desa dapat dikembangkan seperti apa yang kita harapkan. ” Yang kita harapkan kehadiran hari ini bagaimana kita harus berbuat demi kemajuan desa. Kita jangan berhenti untuk berinovasi, sebab kemuliaan seseorang bagaimana dia bisa berkarya. Pintar tidak selalunya harus sekolah formal, sekolah-sekolah informal juga kita bisa menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan kita melalui inovasi-inovasi desa,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Koltim Hanarudin mengatakan, tujuan kegiatan pelaksanaan bursa inovasi desa adalah memfalitasi kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. ” Tujuannya yaitu mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa secara umum, serta pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus. Selain itu menginformasikan rencana kegiatan, menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan dan menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi yang dipelajari dalam bursa, ” katanya. (K9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top