KOLAKA TIMUR

Reses di Lambandia, Anggota DPD RI Dapat PR Dari Guru

Suasana Reses Anggota DPD-RI H Jabar Toba di Aula Kantor Camat Lambandia. FOTO: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta — Reses anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) derah pemilihan Sulawesi Tenggara (Dapil Sultra) H. Jabar Toba di kecamatan Lambandia Selasa (2/2) rupanya mendapatkan curhatan hati dari para guru yang hadir dalam reses tersebut. Selain curhat para guru juga menitip pesan untuk dijadikan sebagai pekerjaan rumah (PR) bagi wakil rakyat, agar aspirasi mereka dapat diwujudkan.

Ada enam poin PR yang dititipkan para guru dalam reses kali ini merupakan aspirasi masyarakat terutama dari kalangan kelapa sekola dan guru-guru se-kecamatan Lambandia meliputi, keresahan guru honerer yang sampai saat belum terdapat kejelasan dalam pengangkatan menjadi PNS, sementara sekolah di kecamatan Lambandia didominasi oleh guru honerer. Kedua, belum adanya tindak lanjut kejelasan K2. Selain itu, dana BOS di titik beratkan untuk biaya prakerin untuk sekolah menengah kejuruan. Sebab, biaya pendidikan di tingkat SMK menulai mengalami kekurangan peminat di banding SMA di kecamatan Lambandia itu dipengaruh oleh biaya pendidikan di SMK lebih mahal dibanding SMA.

Keempat, terkait kesejahterakan guru TK di kelurahan yang tidak memiliki dana desa, dan di kecamatan lambandia ada 2 desa yang tidak memberikan dana desa untuk guru-guru TK sementara itu sudah menjadi kewajiban desa dengan anggaran dari pemerintah. Terakhir, Diadakanya tes kemampuan mengajar untuk rekrutmen CPNS mendatang.

Menanggapi aspirasi para guru H Jabar Toba mengaku akan mengupayakan keinginan guru dan akan menyampaikannya kepihak terkait ” Aspirasi masyarakat akan kita tidak lanjuti sampai kepusat ” ucapnya dihadapan para guru.

Menurut Jabar, kondisi zaman saat ini kita semestinya mendorong anak-anak kita agar belajar untuk pintar bukan belajar untuk lulus, karna tidak dapat dipungkiri tenaga kerja Indonesi kurang prokduktif ini sudah menjadi tugas kita bersama sebagai tenaga pendidik untuk menciptakan anak yang kreatif dan produktif ” Peran guru harus lebih aktif dalam mengasah kemampuan siswa sehingga bakat siswa dapat dikembangkan ” ungakapnya

Saat ini, lanjut dia pemerintah sudah turun tangan untuk menangani keterampilan di masyarakat seperti banyak melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan yang dihadiri oleh tamatan SMA dan sangat minim dari kalangan sarjana, sehingga kedepan kita harapakan lulusan dari sarjan harus ikut aktif dalam setiap pelatihan. ” Jangan hanya tamatan SMA saja yang selalu ikut pelatihan, akan tetapi lulusan sarjana pun harus ikut serta dalam setiap pelatihan ” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan reses anggota DPD-RI H Jabar Toba dipusatkan dialua kantor camat Lambadian yang dihadiri camat Lambandia Supriadi dan kepala UPTD Diknas Lambandia Suhaemi, serta para kepala sekolah dan guru sekecamatan Lambandia. (K/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top