BERITA UTAMA

Kemenag Ditantang Lebih Kekinian

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat menyematkan Pin Satya Lencana Karya Satya pada ASN Kemenag Muna. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Sembilan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Muna dianugerahi kehormatan Satya Lencana Karya Satya. Seluruhnya diganjar penghargaan tersebut karena telah berbakti selama 10 hingga 30 tahun Penganugerahan tersebut diberikan oleh bupati Muna, LM Rusman Emba usai upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HBA) ke72 Kemenag RI, di pelataran kantor Kemenag Muna, Rabu (3/1).

Bupati Muna, LM Rusman Emba saat membacakan sambutan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, saat ini tugas Kemenag semakin berat. Hal tersebut diakibatkan oleh tuntutan zaman yang begitu cepat berubah yang ditandai dengan tuntutan publik semakin tinggi, terbuka dan spontan. Olehnya itu diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon tuntutan masyarakat tersebut. “Kita tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar. Dengarlah aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Kemudian, marilah kita latih kepekaan agar lebih memahami persoalan ril di masyarakat. Sehingga dapat menentukan prioritas kerja,” ucap Rusman.

Selain itu, terang Rusman dalam pidatonya, Ia berpesan Kemenag harus giat berinovasi agar kinerja Kemenag lebih terasa kekinian. Hal itu kata Rusman perlu dilakukan untuk menepis ungkapan Kemenag bagai mesin tua yang usang.

Tidak hanya itu, lanjut pasangan Abdul Malik Ditu ini mengatakan, tahun ini, semua layanan Kemenag baik di Pusat maupun di daerah akan diterapkan pelayanan digital yang terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai implementasi e-Government sesuai tema HBA yakni, Tebarkan Kedamaian. “Tema ini dipilih karena pada hakikatnya, agama berfungsi menyemai kebaikan dan kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu kemaslahatan bersama dan hanya dengan hati yang damai di sanubari bisa merasakan kasih sayang tuhan yang hakiki,” tandasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top