KOTA KENDARI

Pemkot Anggarkan 11 Unit Mobil Ambulance

Kepala Dinas Kota Kendari drg. Rahminingrum. Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari — Pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah Kota Kendari belum maksimal., pasalnya tak satu pun Puskesmas  yang memiliki mobil ambulance. Pemerintah (Pemkot) Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari akan mengadakan 11 unit ambulance untuk digunakan kepada seluruh puskesmas yang ada di Kota Kendari, selain itu pengadaan tersebut akan mendukung setiap puskesmas yang belum terakreditasi untuk mendapatkan akredikasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan, bahwa Pemkot akan menganggarkan pengadaan 11 unit mobil ambulance, dan akan didistribusikan kepada Puskesmas yang belum memiliki ambulance. “Pengadaan itu sebenarnya sudah menjadi program kerja, karena selama ini pelayanan puskesmas belum dapat maksimal, dikarenakan tidak adanya kendaraan ambulancenya. Sehingga, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat kami yakin puskesmas telah memberikan yang terbaik,” urainya. Rabu, (03/12).

Lanjutnya, pengadaan 11 unit ambulance tersebut belum dapat maksimal, karena jumlah puskesmas yang ada di Kota Kendari berjumlah lima belas (15). Namun, kedepan akan dilakukan penambahan secara bertahab. “Kedepannya semua puskesmas akan dipenuhi mobil ambulance, namun itu secara bertahap. Pengadaan itu akan menjadi prioritas, namun akan dilakukan secara bertahap, karena keterbatasan anggran, dan kemudian 11 unit akan digunakan secara bergantian,” jelasnya.

Pengadaan mobil tersebut sangat bermanfaat untuk pelayanan kepada masyarakat, selain itu juga dapat mendorong puskesmas agar semua terakreditasi. Dimana 15 puskesmas yang ada di Kota Kendari baru enam yang mendapatkan akreditasi. “Saat ini puskesmas kita belum semua terakreditasi. Baru sekitar enam lah yang sudah makanya, salah satu program utama tahun ini melakukan akreditas bagi puskesmas yang belum terakreditas serta meningkatkan akreditas pada semua puskesmas di Kota Kendari ini,” tutup dr gigi itu. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top