KONAWE SELATAN

Surunuddin Ajak Masyarakat Jadi Duta Penebar Kedamaian

Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga. foto: net

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI yang ke-72. bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga. di Halaman Kantor Departemen Agama (Depag) Konsel, Rabu (3/1)

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga membacakan sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, bahwa hari ini adalah hari membanggakan bagi keluarga besar Kemenag, karena pada tanggal 3 Januari 1946 Kemenag resmi berdiri dan pertama kalinya RI memiliki Kementerian di bidang Agama, dan sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan.

“Kemenag hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama dalam negara kesatuan RI, yang pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Selain itu bertugas sebagai pengawal dasa negara yaitu Pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai Agama dan mencerminkan jati diri Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Lanjutnya, pada setiap diri Aparatur Kemenag melekat beberapa misi yang saling terkait, diantaranya mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

“Jadi kita tidak boleh lagi bekerja seperti kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar, dengarlah aspirasi dari berbagai arah. Agar kita capai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik, dengan bekerja sesuai istilah Agama Taqdimul Aham Min Almuhim/dahulukan yang terpenting dari pada yang penting,” ujar Surunuddin.

Adapun maksud dari Tema yang di ambil “Tebar Kedamaian”, pada hakikatnya bahwa Agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian yang akan membawa kebahagiaan, yang juga jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan yang merupakan pintu kemaslahatan bersama, jadi mari seluruh komponen masyarakat untuk menjadi Duta Penebar Kedamaian.

Ditemui terpisah, Kandepag Konsel Adnan Saufi mengatakan sesuai Tema HAB ke-72 Bersih Melayani, berjanji untuk kedepannya diri dan seluruh jajarannya akan tulus dan melayani sebaik-baiknya kepada masyarakat konsel yang berdampak positif, seperti tidak adanya pungli di instansinya dan akan berkantor keliling setiap hari jumat untuk melalukan bedah rumah, sekolah dan mesjid sehingga kehadiran kemenag Konsel terasa di tengah-tengah masyarakat

“Dan tidak bisa di pungkiri selama 7 bulan bertugas, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi seperti sarana dan prasarana yang belum memadai serta masih adanya pungli, dan diharapkan 2018 bisa di penuhi dan diminimalisir sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik,” tegasnya.

Lanjutnya, Kandepag Konsel perbulan Januari dan setiap Triwulan akan melakukan bedah rumah/rumah ibadah, bersumber dari Dana Infaq karyawan/ti internal Kemenag yang dipungut mulai Tahun ini, yang diperuntukkan kepada warga Konsel yang tidak mampu sekaligus mendukung seluruh program Pemda Konsel dan Pusat.

“Adapun penghargaan, diperuntukkan kepada para pegawai yang bekerja di daerah terpencil, dalam hal ini wilayah Desa Wawosunggu dan Desa Lalembuu, karena kedua Desa aksesnya sangat berat dan sulit untuk dilalui, dasar itulah kami mengusulkan ke Pusat untuk diberikan penghargaan karena berjasa mengembangkan Pendidikan Agama, yang juga tidak memiliki sekolah Madrasah,” ungkapnya.

Usai Upacara, Bupati Konsel H. Surunuddin di dampingi Wabup dan Kandepag Konsel, memberikan penghargaan kepada 17 orang Kepala, Guru dan Pengawas serta Operator RA/Madrasah terbaik lingkup Kanwil Kemenag Prov Sultra Tahun 2017, untuk daerah terpencil, daerah tertinggal serta daerah rawan bencana sesuai SK Kakanwil Kemenag Prov Sultra dengan No. 315 Tahun 2017 pertanggal 29 Desember 2017. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top