METRO KOLAKA

Upah Pembersih Jalan Masih Dikaji

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kolaka, Bakri Balusu mengatakan, saat ini upah pembersih jalan masih Rp 50 ribu per hari. Namun kata dia, pihaknya telah mengusulkan agar upah tersebut dinaikkan hingga sebesar 50 persen di tahun 2018 mendatang.

“Kami akan berusaha naikkan menjadi Rp 75 ribu per hari. Walaupun nantinya kenaikannya tidak bisa mencapai Rp 75 ribu per hari, kami berharap ada kenaikan. Tapi kami masih tetap berusaha agar kenaikannya bisa maksimal,” katanya.

Lanjut ia mengakatakan meskipun APBD tahun 2018 telah ditetapkan, namun sampai saat ini upah pembersih jalan saat ini masih dalam proses pengkajian. Dimana besaran kenaikan upah pembersih jalan nantinya tergantung dari pagu anggaran yang diberikan.

“Kami masih sementara atur itu dari pada pagu yang diberikan. Kalau kondisi pagu yang diberikan sedikit, maka kami akan hanya naikkan sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu perhari. Tapi kami berharap bisa Rp 75 ribu per hari agar kesejahteraan dan kinerja penyapu jalan bisa lebih meningkat,” kata Bakri.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kolaka Amiruddin Massang mengatakan sangat mendukung rencana kenaikan upah pembersih jalan di Kolaka. Sebab menurut Legislator PAN tersebut, pasukan orange mempunyai peran yang paling besar dalam menjaga kebersihan Kota Kolaka. “Kalau menurut saya, sebaiknya Pemkab Kolaka menaikkan upah para pembersih jalan, karena kasian mereka dari subuh sudah ada di jalan membersihkan,” tuturnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top