METRO KOLAKA

2017 BAZNAS Kolaka Kumpulkan Rp.550 Juta

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Sejak Juni hingga Desember 2017, Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Kolaka telah menyalurkan zakat bagi para mustahiq atau penerima zakat yang berada di tujuh kecamatan yang ada di Kolaka.Ketua BAZNAS Kolaka, Muh Arsyad menyebutkan, tujuh kecamatan dari 12 kecamatan di Kabupaten Kolaka yang telah disalurkan zakatnya yaitu Kecamatan Iwoimendaa, Wolo, Samaturu, Latambaga, Kolaka, Wundulako dan Baula. Total dana dari umat Islam yang telah dikumpulkan oleh Bazda, khususnya dari PNS yang ada di Kabupaten Kolaka sekitar Rp 550 juta.

“Alhamdulillah, dari bulan Juni sampai saat ini, total dana yang sudah kita kumpulkan sekitar Rp 550 juta,” katanya

Menurutnya, pendistribusian zakat kepada para mustahiq merupakan program dari Baznas dengan tujuan untuk meminimalkan kemiskinan dan memoderasi kesenjangan sosial yang ada khususnya di kabupaten Kolaka, demi mewujudkan masyarakat yang berkemajuan, berkeadilan dan sejahtera.

“Inilah upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Bazda, untuk menaikan harkat dan martabat masyarakatnya melalui dana zakat yang dikumpulkan umat Islam,” katanya.

Arsyad mengatakan, ada beberapa program yang dilaksanakan Bazda Kolaka diantaranya di bidang pendidikan berupa beasiswa Santri Mandiri Prestatif (SMART) untuk anak yatim dan dhu’afa masing-masing Rp 10 juta, bidang kesehatan berupa santunan pengobatan sakit parah menahun dan khitanan massal. Kemudian bidang sosial kemanusiaan berupa santunan pada anak putus sekolah dan pengobatan wabah penyakit.

Selain itu, ada juga program untuk bidang ekonomi berupa pinjaman dana bergulir (qodrul hasan) untuk modal usaha kecil dan mikro, bidang dakwah dan advokasi ditujukan pada pelatihan atau kursus para pejuang agama.

“Sedangkan program pendistribusian langsung ditujukan pada penyaluran Zakat Infak Sedekah (ZIS) dengan pola konsumtif. Semua penerima adalah fakir miskin,” ujarnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top