KOTA KENDARI

KPU Sultra Tekan MoU dengan IDI, HIMPSI, dan BNN

Ketua KPU Sultra Hidayatullah
 Ketua KPU Sultra Hidayatullah Saat Memberikan Keterangan. Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari — Jumat (05/01/2018) KPU Sultra bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, Himpunan Psikologi (HIMPSI) Sultra dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sultra melaksanakan penandatanganan MoU pemeriksaan kesehatan kepada para pasangan calon Kepala Daerah pada pilkada 2018 mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di kota Kendari, dan dihadiri masing-masing anggota para pasangan calon gubernur.

Pelaksanaan MoU tersebut di buka dan ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Sultra, Hidayatullah. Dirinya mengatakan, penandatangan MoU ini merupakan langkah KPU dalam mencegah adanya kendala yang dapat terjadi saat tahapan pemeriksaan kesehatan pada calon kepada daerah pada Pilkada 2018 mendatang. “Makanya hari ini kami mengundang semua instansi terkait, menyaksikan sekaligus melaksanakan penandatanganan MoU,” jelasnya. Jumat, (05/012).

Jika nanti ada persoalan lanjut Hidayatullah dapat terkontrol, dan juga dapat dicegah, sehingga tidak terjadi lagi seperti pelihan sebelumnya, karena informasi terkait pemeriksaan kesehatan itu akan menjadi masalah. “Info kesehatan itu bisa saja dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, jika sedikit saja terjadi pergeseran,” tambahnya.

Dengan adanya MoU ini, maka tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 nanti dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yaitu pada tanggal 8–15 Januari 2018. “Pemeriksaannya itu mencangkup jasmani dan rohani serta pasangan calon itu bebas dari barang haram, yakni narkotika,” ujar Hidayatullah.

Untuk diketahui, mulai tanggal 8 Januari nanti, yang datang mendaftar dapat diterima pendaftarannya, dan lansung dikasikan rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dan KPU Sultra serta Instansi terkakait sudah memutuskan Rumah Sakit Bahteramas sebagai tempat pemeriksaan kesehatan para pasangan calon. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top