BERITA UTAMA

Jelang Pilkada, Kery Lantik Pejabat

Pelantikan pejabat eselon, II,III dan IV oleh bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

KOLAKAPOS, Unaaha — Meski terlihat janggal karena mendekati masa pemilihan bupati, namun bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa tetap melantik 70 pejabat eselon III dan IV, serta lima pejabat eselon II di lingkup Pemkab Konawe.

Kejanggalan tersebut juga disadari Kery. Karenanya, dia menjelaskan, pelantikan tersebut sejatinya telah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri. Kaernanya ia mengklaim pelantikan tersebut, sah menurut undang-undang. Pasalnya, berdasarkan aturan perundangan, bupati atau pejabat daerah yang ikut mencalon di Pilkada, tidak memiliki hak untuk melakukan pelantikan sebelum memiliki persetujuan dari Mendagri dan gubernur. “Pelantikan hari ini merupakan hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama bukan rotasi antar jabatan khusus mengisi jabatan lowong dan telah memperoleh persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan nomor surat 821.22/9416/SJ,” jelas Kery.

Sebelum melakukan pelantikin ini, Pemkab Konawe telah mengeluarkan surat keputusan terkait pelantikan dan telah disampaikan ke gubernur Sultra pada 28 Desember 2017. “Persetujuan pengisian jabatan administrator dan pejabat pengawas lingkup Pemkab Konawe juga telah di konsultasikan ke gubernur Sultra. Sehingga, pengisian dan pelantikan pejabat hari ini sepenuhnya telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Beberapa pejabat yang dilantik kemarin (5/1), dipilih untuk mengisi posisi kosong yang ditinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya. Kery mengatakan, dengan dilantiknya para pejabat tersebut, diharapkan dapat menjalankan jabatan dan roda pemerintahan yang baik. “Karena keberhasilan saudara adalah keberhasilan kita semua, maka dari itu jabatan ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat Konawe. Jaga baik-baik jabatan yang kalian miliki,” tutupnya. (m4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top