METRO KOLAKA

MTQ Kabupaten Dilaksankan Awal Februari di Toari

wAKIL BUPATI KOLAKA, MUH. JAYADIN

KOLAKAPOS, Kolaka — Musabaqah Tilawatil Quran ke-44 Tingkat Kabupaten pada 2018 direncanakan akan dilaksankan di kecamatan Toari pada Februari mendatang. Keputusan tersebut disepakati setalah Wakib BUpati memimpin rapat persiapan peneyelanggaraan MTQ di ruang rapat SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka.

Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin yang juga menjabat Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kolaka mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan MTQ yang dimulai pada tanggal 2 hingga 10 Februari dapat lebih baik dan sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

“Harapkan saya kepada semua yang terlibat dalam panitia untuk mempersiapkan segala hal yang terkait dengan penyelenggaraan MTQ ini. Mari kita bekerja semaksimal mungkin dan mantapkan koordinasi dalam rangka mewujudkan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” ucap Jayadin.

Sementara itu kepala Kantor Kemenag Kolaka, Abdul Aziz Baking sangat mengapresiasi, khususnya kepada Pemkab Kolaka yang sangat peduli dengan pengembangan nilai keagamaan. Ia juga berharap, agar pelaksanaan MTQ ini bisa lebih sukses dalam setiap penyelenggaraanya.

kemudian di tempat yang sama Kabag Kesra Setda Kolaka, Hj.Andi Wahidah mengatakan salah satu dasar pelaksanaan MTQ tahun ini merujuk dan tertuang pada Surat Keputusan Bupati Kolaka Nomor 188.45/008/2018 yang menetapkan Kecamatan Toari sebagai Tempat Pelaksanaan MTQ Tahun 2018.

Selain itu, lanjut Wahidah, pelaksanaan MTQ ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi bagi peserta terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Kolaka pada MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang rencananya dihelat di Kabupaten Buton Utara pada bulan Maret mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Umum LPTQ Kolaka, Syaifuddin Mustaming yang memaparkan petunjuk pelaksanaan MTQ, menjelaskan sembilan cabang musabaqah atau lomba yang dihelat, yaitu Cabang Tilawah Al-Quran meliputi golongan anak-anak, Tartil Al Quran, remaja, dewasa, cacat netra, Qiraat Murattal golongan remaja dan dewasa, serta Qiraat Mujawwad golongan dewasa.

Untuk cabang Musabaqah Hifzh Al-Quran (MHQ), meliputi golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, serta golongan 30 Juz. Selanjutnya, Cabang Tafsir Al Quran, meliputi golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada cabang Syarh Al Quran terdiri dari kategori putra dan putri. Demikian halnya untuk cabang Fahm Al Quran meliputi kategori putra dan putri.

Selanjutnya, Cabang Musabaqah Khath Al Quran (MKQ), terdiri golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi dan golongan Kontemporer. Cabang Musabaqah Maqalah Al-Quran (MMQ), meliputi kategori putra dan putri.

“Selain itu, pada MTQ kali ini juga mempertandingkan Cabang Qasidah Klasik untuk golongan remaja dan dewasa, serta Bintang Vocalis meliputi golongan anak-anak, remaja dan dewasa,” jelasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top