KONAWE

Polres Konawe Perketat Pengamanan Jelang Pilkada

Kapolres Konawe AKBP. Muh. Nur Akbar, saat menyematkan pita pengamanan pilkada dan pilgub. FOTO:  Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha — Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe dan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, jajaran Polres) Konawe gelap apel pasukan Operasi Mantap Praja Anoa, Jumat (5/1) di halaman makopolres konawe. Apel operasi di tujukan untuk pengamanan pilkada dan pilgub yang di ikuti 700 personil gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP pemda Konawe.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk persiapan jajaran polres konawe dan instansi lain dalam menghadapi pilkada tahun ini. Untuk lebih memantapkan itu semua, gelar apel pasukan sekaligus simulasi yang di lakukan oleh personil pengamanan juga merupakan bentuk persiapan penting dalam menghadapi situasi kurang bersahabat saat pilkada nanti.

” Tujuannya jelas, kita ingin memperlihatakan kepada seluruh elemen masyarakat atas kesiapan kami Polres Konawe dalam mengawal pelaksanaan Pilkada mendatang,” katanya.

Pria berpangkat dua bunga ini menerangkan, konawe menjelang pilkada menurut data bawaslu provinsi, konawe masuk salah satu daerah zona merah, untuk itu personil yang di turunkan saat pilkada akan di bantu dari 1 pleton dari brimob dan dari instansi lain termaksud dari satpol PP, hal ini guna membantu pengamanan pilkada di konawe agar berjalan aman dan terkendali.

” Sebagai daerah yang masuk wilayah rawan 1 jadi pengamanan 1 TPS 1 Personil. Total sekitar 700 personil siap mengawal Pilkada ini yakni 558 dari Polres Konawe, 1 pleton dari brimob, 1 pleton dari dalmas dan selebihnya dari pasukan linmas.” jelas AKBP Muh. Nur Akbar.

Terakhir, gelar pasukan ini sekaligus memperlihatkan tata cara penanganan keamanan jika nantinya terjadi kekacauan mulai dari tingkat PPS hingga KPU yang nantinya akan dilaksanakan melalui pelaksanaan simulasi. Selain itu, jajaran Polres Konawe melakukan arak-arakan pasukan sebagai pemberitahun kepada seluruh masyarakat tentang pelaksanaan pengamanan jelang Pilkada Konawe di seputaran Kota Unaaha.(m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top