BERITA UTAMA

20 Kades Dilapor ke Inspektorat

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Kepala desa dalam membelanjakan dana desa maupun Anggaran Dana Desa (ADD) di Kolaka. Terbukti pada 2017 lalu, 20 kepala desa dilaporkan oleh warganya ke Inspektorat Kolaka karena diduga melakukan kesalahan dalam pembangunan maupun pembelanjaan uang negara.

Kepala Inspektorat Kolaka, Andi Tendri Gau kepada Kolaka Pos mengatakan diantara laporan yang masuk, ada yang mengungkapkan ketidakpuasan dengan pembangunan yang dilakukan Kades, juga karena masalah politik yang berkaitan dengan pemilihan kepala desa. “Semua laporan yang masuk di Inspektorat Kolaka akan ditindak lanjuti. Apakah itu ada unsur politik maupun tidak kami selalu turun dilapangan untuk melakukan pengecekan langsung,” katanya.

Dari sekitar 20 kepala desa yang dilaporkan oleh masyarakat hasil klarifikasi Inspektorat, 80 persen diantaranya terbukti. Namun dari laporan tersebut, Inspektorat tidak serta merta menindaki Kades, namun memberikan beberapa opsi. Diantaranya, Kades diperintahkan untuk melakukan perbaikan konstruksi kemudian selanjutnya adalah mengembalikan jumlah dana yang dianggap merugikan negara. “Kami sudah turun kepangan dan melakukan klarifikasi, ada beberapa kepala desa yang telah mengembalikan dana tesebut ke kas desa dan selanjutnya ada juga kepala desa yang melakukan perbaikan pada proyek yang dianggap tidak cukup volumennya,” katanya

Saat ditanya lebih jauh, Inspektorat belum mau membeberkan desa yang bermasalah terrsebut. Namun dari 20 laporan yang masuk, kebanyakan berasa dari Kolaka bagian utara. “Saya berharap kepala desa untuk bekerja sesuai dengan petunjuk teknis yang ada. Bekerja sesuai dengan rancangan anggaran biaya, agar tidak ada komplain dari masyarakatnya,” tambahnya. (hud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top