BERITA UTAMA

ASN dan Kades Diduga Ikut Deklarasi Asrun-Hugua

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Andoolo — Baru memasuki tahapan pendaftaran, dugaan pelanggaran Pemilihan Gubernur Sultra, sudah mencatatkan tiga laporan pelanggaran. Hal tersebut khususnya untuk wilayah Konawe Selatan (Konsel). Komisioner Panwas Konsel, Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Awaluddin A.K mengungkapkan hal tersebut.

Saat pasangan Asrun-Hugua melaksanakan deklasrasi serta pendaftaran ke KPU Sultra, Panwas Konsel, sudah menerima tiga laporan pelanggaran terkait disiplin ASN dan Kades. “Baru awal pendaftaran saja, tiga laporan dugaan pelanggaran langsung kita terima, dua diduga dilakukan oleh ASN, satu kalangan Kepala Desa (Kades). Sementara dalam waktu dekat ini masih akan ada lagi Bacalon yang akan melakukan deklarasi,” kata Awaluddin, Senin (8/1).

Dikhwatirkannya, potensi dugaan pelanggaran ini masih akan terus bertambah, pasalnya masih ada lagi dua Bacalon dalam waktu dekat ini yang akan menyusul melakukan deklarasi. Yakni pasangan Rusda-Sjafei dan Ali Mazi-Lukman Abunawas. “Saat ini kita tengah mendalami dugaan pelanggaran ini, kami mau lihat bukti-buktinya dulu lalu kita pelajari dan simpulkan apakah laporan itu memenuhi unsur pelanggaran atau tidak, jika memenuhi unsur maka pelanggaran ini akan kita proses lebih lanjut,” ungkapnya.

Awal menghimbau agar ASN, Kades maupun masyarakat yang terikat oleh aturan, agar tidak tergabung dalam politik praktis. “Kita berharap baik Kades maupun ASN, dapat mematuhi aturan yang berlaku,” harapnya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top