KOTA KENDARI

Asrun-Hugua Resmi Mendaftar di KPU Sultra

Ketua KPU Sultra Hidayatullah. Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari — Hari ini (08/01/2018) bakal pasangan calon Gubernur Ir. Asrun dan Wakil calon gubernur Ir. Hugua resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. Sementara untuk tiga bakal pasangan calon dan wakil calon gubernur berikutnya akan mendaftar diakhir jadwal pendaftaran, yakni Rabu (10/01/2018) mendatang.

KPU Sultra Hidayatullah saat ditemui di iruangannya mengatakan, membenarkan bahwa hari ini pasangan yang mempunyai tegline Surga itu akan mendaftar hari ini, Senin (08/01). Untuk tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil calon gubernur yang akan mendaftar tanggal 10 mendatang, yakni Alimazi-Lukman Abunawas, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar, Waode Nurhayati-Andre. “Mereka atau para bakal pasangan calon gubernur sebelumnya itu sudah menyampaikan konfirmasi kepada kami, dan bahkan dalam rapat. Sementara untuk Selasa (09/01) kosong atau tidak ada yang mendaftar,” jelasnya. Senin, (08/01) pagi.

Lebih jauh Ia menjelaskan, untuk bakal pasangan calon yang diusung oleh partai politik harus membawa dua hal yakni, dukungan persyaratan pencalonan terkait dengan partai yang mengusung, dalam hal ini yang mendapat persetujuan DPP. Kemudian syarat calon masing-masing calon gubernur dan syarat calon wakil gubernur itu berkaitan dengan masing-masing calon secara pribadi. “Jika, tidak dilengkapi maka kami belum akan memberikan surat tanda terima,” paparnya.

Namun KPU sendiri sudah mengeluarkan surat 17, jika seandainya surat-surat tersebut belum didapatkan maka yang terpenting harus ada bukti memproses, misalnya SKCK belum ada namun sementara diproses dikepolisian maka surat administrasi sesuai dengan proses kepengurusannya sudah ada. “Pendaftaran ini apabila masih ada pencalonan syarat calonnya itu belum lengkap maka masih bisa dioerbaiki sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan yakni 10 januari sampai pukul 24.00 wita malam,” kata Hidayatullah.

Ia menghibau kepada para bakal pasangan calon untuk tidak mendaftar sudah diinjury time, karena jika ada yang perlu diperbaiki, maka masih ada kesempatan untuk melengkapinya. Dan KPU sendiri tentunya tidak akan memberikan surat tanda terima, apabila seluruh berkas kelengkapan administrasi belum lengkap. “Alangkah lebih bagusnya, jika mendaftar diakhir jadwal pendaftaran, jika adminisrrasinya belum lengkap, maka masih ada waktu untuk memperbaikinya,” katanya.

Untuk diketahui penetapan calon gubernur dan wakil gubernur pada tanggal (17/02/2018) mendatang. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top