KOLAKA UTARA

Pakaian Daur Ulang Hiasa Karnaval HUT Kolut

Salah satu peserta karnaval Budaya Kolaka Utara.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Bumi Patampanua kini berusia 14 tahun, beragam kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT Kolut yang jatuh setiap 7 Januari. Seperti kegiatan karnaval budaya yang diikuti ratusan pelajar tingkat TK, SD, SMP dan SMA sederajat di Kolut, Minggu (7/1). Dalam karnaval tersebut, para siswa menggunakan pakaian yang unik berbahan dasar barang daur ulang, seperti kain perca, plastik dan kertas.
Dalam karnaval tersebut para siswa menggunakan pakaian khas daerah mulai dari Sulawesi, Jawa hingga pakaian adat Papua. Selain itu, terlihat banyak para pelajar menggunakan pakaian profesi seperti TNI, Polri, guru, ustadz, nelayan hingga petani.
Karnaval budaya yang digelar di jalan Tomanggera, Tomaraginang, jalan Merdeka kurang lebih dua kilometer, saat karnaval digelar masyarakat sangat antusias menyaksikan langsung karnaval yang diikuti 27 sekolah, meski hujan membasahi Kota Lasusua saat karnaval.
Karnaval digelar agar para pelajar yang nantinya menjadi aset dan masa depan daerah dapat terus melestarikan kebudayaan Kolaka Utara khususnya di Indonesia, serta mereka bisa meraih impian sesuai degan profesi yang diinginkan.
Dalam melepas peserta karnaval, Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar berpesan, agar para peserta tetap menjaga ke kompakan.
“Para peserta harus tertib, tidak boleh saling mendahului pada saat di jalan, dan dengan karnaval budaya kita akan terus mencintai dan melestarikan budaya kita,” katanya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top