METRO KOLAKA

Puluhan Rumah Diterjang Banjir

Banjir merendam 34 rumah di Desa Oneeha.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Hujan deras yang mengguyur Kolaka sejak pukul 14.00 hingga 17.00 menyebabkan puluhan rumah di Desa Oneeha Kecamatan Tanggetada diterjang banjir.
Dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa namun tambak dan sawah rusak karena banjir tersebut.

Kapolsek Watubangga Iptu Muh. Arman mengatakan banjir terjadi akibat Sungai Oneeha meluap, sehingga menggenangi sedikitnya 42 rumah warga di sekitar sungai Oneeha kecamatan Tanggetada.

“Sebelumnya intensitas curah hujan tinggi selama beberapa jam. Penyebab banjir juga karena terjadinya pendangkalan sungai Oneeha yang berdampak pada melubernya air ke permukaan serta merendam puluhan rumah,” katanya.

Lanjut Arman dampak dari banjir mengakibatkan persawahan sekitar 60 hektar dan sawah siap panenen 12 hektar. Sedangkan untuk tambak (empang) yang rusak akibat banjir sekitar 75 hektar yang berisi udang ada 4 hektar.

“Untuk kerugian materil yang dialami masyarakat desa Oneeha ratusan juta rupiah,” tambahnya.

Sementara itu kepala Desa Oneeha Hj. Darni Susanti saat dihubungi membenarkan bahwa telah terjadi banjir di wilayahnya.

“Yah, benar wilayah kami sedang kebanjiran tepatnya di wilayah dusun tiga desa Oneeha. Untuk saat ini kami masih melakukan pembenahan bersama dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kolaka,” ujarnya.

Untuk bantuan pemerintah Kolaka memalaui BPDB berjanji akan menyalurkan bantuan kepada korban berupa makanan, selimut dan beberapa kebutuhan lainya.

“Saat ini masyarakat kami menunmpang di rumah sanak saudara yang tidak terkena banjir,” tutupnya.

Sementara itu kepala Bidang pengairan Dinas Pu Kolaka Wito mengakui selain perumahan, tambak dan sawah yang rusak bendungan yang baru saja di buat juga mengalami kerusakan.

“Ada beberapa bagian bendungan yang terkelupas akibat banjir tersebut. saya berharap tidak ada banjir susulan agar tidak menghancurkan bendungan yang baru dibangun pada 2017,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top