BERITA UTAMA

Tahun Ini, 1292 RTLH di Bombana Bakal Direhab

Dalam Lima Tahun Target 9230 Rumah

KOLAKAPOS, Rumbia — Ribuan warga Bombana, khususnya yang memiliki rumah tidak layak huni, dapat tersenyum lega. Pasalnya, mulai tahun ini hingga 2022 nanti, Pemkab Bombana akan melakukan rehabilitasi dan bedah rumah, terhadap 9230 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Plt Kepala Dinas Perumahan Bombana, Sulaiman mengatakan program tersebut merupakan upaya bupati Bombana H.Tafdil, dalam mewujudkan visi misi pembangunan lima tahun.

Bedah rumah tersebut terangnya, akan dilaksanakan bersama oleh Pemkab Bombana dan pemerintah pusat. Hal tersebut terwujud setelah terjalin kesepahaman dengan Dirjen Perumahan kementerian PU dan Perumahan Rakyat. “Pekan lalu saya bersama bupati ke Jakarta menemui direktur Dirjen Perumahan untuk mensinkronisasikan program bedah rumah. Alhamdulillah, hasilnya baik. Kita tinggal mempersiapkan nota kesepakatan berupa MoU dalam waktu dekat ini antara Pemkab Bombana, Pemprov dan pemerintah pusat,” ujar Sulaiman diruang kerjanya, Senin (8/1).

Dari target 9230 rumah, Pemkab Bombana kebagian melakukan rehabilitasi terhadap 6460 rumah. Sisanya sebanyak 2770 rumah, akan dibedah menggunakan APBN. Pemkab Bombana kata Sulaiman, akan membedah 6460 rumah tersebut selama lima tahun, dengan target pertahunnya sebanyak 1292 rumah. Bedah rumah tersebut akan menelan APBD sebesar Rp21 miliar pertahun.

Penanganan bedah rumah tersebut akan melibatkan 121 desa, 22 kelurahan dan kecamatan serta dinas perumahan. Rinciannya, desa tiga unit rumah, kelurahan tiga unit, kecamatan 30 unit dan dinas Perumahan sebanyak 200 unit. Adapun penilaian pada rumah warga yang akan dibedah, akan merujuk pada fisik bangunan. Kriterianya, dinding, atap dan lantai serta luas rumah. “Untuk itu kami juga akan melakukan validasi data rumah tidak layak huni tiap tahunnya. Dengan harapan, usai lima tahun ke depan tidak ada lagi rumah tidak layak huni di kabupaten Bombana,” harapnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top