METRO KOLAKA

2018 Dinas Koperasi dan UKM Hanya Lakukan Pelatihan Saja

KOLAKAPOS, Kolaka–Hingga saat ini Dinas Koperasi dan Usaha kecil Menengah (UKM) Kolaka mengakui belum mendapatkan jalur dikementerian untuk mendapatkan bantuan baik itu bantuan dana tunai maupun berupa alat untuk masyarakat Kolaka. Sehingga tahun 2018 ini kegiatan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM hanya melakukan pelatihan dengan anggran APBD Kolaka, APBD Provinsi dan dua paket dari APBN pusat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kolaka Basir Saripa mengatakan saat ini Dinas yang ia pimpin minim bantuan dari pusat. Bahkan bisa dipastian hanya dua paket kegitan pelatihan untuk masyarakat yang menggeluti UKM di Kolaka.

“Kami belum banyak mendapatkan program dari kementerian Koperasi. Karena pada 2018 harus ada beberapa syarakat untuk mendapatkan bantuan dari kementerian,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan banyak persyarat yang harus di penuhi oleh pemohon diantaranya yaitu pemohon harus memilki kartu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta sertifikat keterampilan dalam berusaha. Sementara hingga saat ini para pelaku UKM di Kolaka belum ada yang memegang kartu tersebut.

“Kartu tersebut dikeluarkan oleh Camat, kemudian jika ada pelaku UKM yang membutuhkan bantuan dana maka Dinas akan mengusulkan untuk dibuatkan proposal permintaan dana di kementrian. Saat ini kita masih melakukan pembenahan manusianya dulu, kalau bantuan alat maupaun dana tunai tahun 2018 ini tidak ada,” tambahnya(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top