METRO KOLAKA

LIPPOS Sultra Buka Pendaftaran Sayembara Penulisan Cerpen

Keterangan Foto: Sosialisasi Tim Panitia di Dinas Pendidikan Kabupaten Bombana.

KOLAKAPOS, Kolaka–Belakangan ini marak terjadi radikalisme destruktif, baik dalam bentuk fisik maupun verbal. Mencermati fenomena itu, Lembaga Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Sosial (LIPPOS) Sulawesi Tenggara, yang didukung oleh Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta mengadakan Sayembara Penulisan Cerpen Berbasis Pantun Lokal untuk Menangkal Radikalisme. Sayembara mengusung tema “Pantun dan Cerpen Merekatkan Kebhinnekaan” ditujukan untuk guru SD IV, V, dan VI.

Penanggung Jawab Sayembara, Sarmadan mengatakan, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memilih guru yang terampil dalam menulis cerpen, kemudian mampu mengajarkan ilmu menulisnya tersebut kepada peserta didiknya.
“Upaya menangkal radikalisme yang destruktif dapat ditempuh melalui dunia pendidikan, yaitu dengan penggalian khasanah pantun lokal yang mengandung nilai-nilai kedamaian. Pantun guru selanjutnya akan ditransformasi menjadi sebuah bentuk cerpen,” ungkap Sarmadan selaku penanggug jawab program.

Pria yang akrab disapa Madan ini mengungkapkan, adapun peserta yang dapat mengikuti sayembara ini adalah guru-guru SD kelas IV, V, dan VI yang tersebar di seluruh kabupaten atau kota se- Sulawesi Tenggara. Nantinya, akan dipilih lima penulis terbaik yang berhak memperoleh hadiah masing-masing Rp 6.000.000,- dari total hadiah Rp 30.000.000.

Selain itu, lima guru terbaik akan diundang untuk mengikuti pelatihan di salah satu hotel di Kendari dimana transportasi, konsumsi, dan penginapan akan ditanggung oleh panitia sayembara.

” Pendaftaran kegiatan sayembara ini dimulai pada tanggal 11 Desember 2017. Adapun batas akhir pendaftaran yakni pada tanggal 26 Januari 2018. Untuk diketahui bahwa sayembara ini GRATIS alias tidak dipungut biaya apapun,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi yang berminat mengikuti sayembara ini silakan menghubungi panitia, yaitu Sarmadan (HP. 085241981462), Fernandes Arung (HP 081241248541), atau Zakridatul Agusmaniar Rane (HP. 085255530983). Dapat juga melalui email sarmadan.usnkolaka@gmail.com.

Ditempat terpisah, Sekretaris Diknas Kabupaten Bombana, Hj. Dahniar mengatakan sangat mengapresiasi sayembara ini. “Saya kira lomba ini sangat baik bagi guru-guru SD. Selain dapat mengasah kemampuan dan kompetensi guru, juga dapat menggeliatkan budaya baca tulis di kalangan guru dan siswa,” ujar Hj. Dahniar.(hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top