KOTA KENDARI

Bangun Gudang Baru, untuk Perkuat Daya Tampung

KOLAKAPOS, Kendari–Salah satu cara untuk memperkuat kapasitas dan daya tampung gudang beras yang ada di daerah adalah dengan cara membangun gudang baru di beberapa daerah.
Hal ini disampaikan kata Kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin, di Kendari, Sabtu. Menurut dia, dengan pembangunan gudang baru ini sehingga daya tampung kita semakin besar mengantisipasi hasil panen petani yang terus meningkat.
Ia mengatakan, beberapa gudang baru Bulog sedang dalam tahapan pembangunan tersebar di beberapa kabupaten seperti Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Konawe Utara.
Dijelaskan, Jumat (12/1) telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gudang Bulog di Kolaka Timur berkapasitas 2.000 ton. Karena daerah itu merupakan salah satu sentra produksi padi di Sultra,” katanya.

Ia mengatakan, kapasitas daya tampung Gudang Bulog Sultra yang tersebar pada 10 titik selama ini hanya sekitar 26.500 ton, sehingga pada kondisi tertentu saat panen raya maka terjadi kelebihan kapasitas daya tampung gudang.

“Karena itu kami bangun Gudang bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, yakni mereka siapkan lahan berdasarkan syarat yang kami ajukan, dan kami yang bangun fisiknya,” katanya.

Menurutnya, pembangunan Gudang Bulog di Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Konawe Utara untuk mendekatkan sumber produksi dengan penampungan.

“Karena memang selama ini belum ada gudang di tempat itu, sehingga pemerintah setempat antusias agar dibangunkan gudang,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top