METRO KOLAKA

Jalan Desa Sopura Sepanjang Satu KM Diaspal

KOLAKAPOS, Pomalaa–Kepedulian PT. Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UPBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada masyarakat sangat tinggi. Terbukti, melalui program Community Social dan Responsibility (CSR), PT. Antam mengaspal jalan di desa Sopura sepanjang 1 kilo meter (KM).

General Manager PT Antam UBPN Sultra Tri Hartono mentakan, pengaspalam jalan ini merupakan proyek tahun 2017. Namun karena ada keterlambatan proses tender dan penyiapan bahan material, sehingga baru bisa dilakukan di 2018 ini.

“Sopura adalah desa kelima yang menjadi sasaran pengaspalan jalan melalui program CSR Antam. Pengaspalan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan masyarakat, pertumbuhan ekonomi meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, desa Sopura merupakan daerah yang strategis, karena menjadi akses menuju Bandara Sangia Nibandera di kecamatan Tanggetada.

“Kami berharap kepala desa bisa menjaga fasilitas infrastruktur yang telah dibangun itu, dengan cara mengklasifikasi kendaraan yang boleh melintas di jalan itu,” terangnya.

Sementara itu,
Asisten II Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka, Kasim Madaria.

Ia mengatakan, kontribusi PT Antam di Kolaka sangat nyata. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban masyarakat serta seluruh stakeholder yang ada menjaga keberlangsungan operasional perusahaan tambang nikel itu di Pomalaa.

Untuk itu, ia memberikan apresiasi terhadap program pengaspalan jalan yang dibuat PT Antam. Sebab, program itu itu sangat memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar areal operasinya.

“Program ini sejalan dengan RPJMD Pemda Kolaka, serta salah satu program prioritas SMS Berjaya yakni perbaikan infrastruktur jalan masyarakat dengan target 2 kilo meter per kecamatan,” ujarnya.

Dia memastikan, saat ini akses jalan menuju ibukota kecamatan yang ada di kabupaten Kolaka sudah terkoneksi dengan baik melalui program SMS Berjaya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Pomalaa Sairman. Ia mengatakan, ini merupakan bantuan dari PT Antam UPBN Sultra yang dilaksanakan setiap tahun dengan target satu kilo meter setiap desa di kecamatan Pomalaa.

Program ini diinisiasi bersama masyatakat desa yang disepakati bersama pemerintah desa dan sejalan dengan program pemerintah daerah.

“Jadi saya meminta dukungan masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga keberlangsungan operasional PT Antam di Pomalaa,” paparnya. , (k8/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top