BERITA UTAMA

Safei : Kolaka Selatan Insya Allah Mekar

KOLAKAPOS, Kolaka–Pertarungan Pilbup Kolaka 2018 sudah mulai terasa, di mana masing bakal pasangan calon telah melemparkan ide dan gagasan untuk membangun Kolaka lebih baik lagi ke depan.

Salah satu isu yang hangat diperbincangkan saat ini dan telah dihembuskan oleh oknum adalah isu pemekaran wilayah khususnya Kolaka Selatan (Kolsel).

Hal berbeda justru diungkapkan H.Ahmad Safei yang maju kembali dalam pemilihan Bupati Kolaka pada 2018 ini. Saat di tanya mengenai proses pemekaran, menanggapi dengan santai.

“Apa yang kita sampaikan harus realistis dan dipahami oleh oknum yang sengaja mengusung isu tersebut. Pemerintah Kabupaten Kolaka tidak pernah anti terhadap pemekaran,” tutur Sefei.

Menurut Safei tujuan dilaksanakannya pemekaran wilayah adalah guna mempercepat pemerataan pembangunan sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera. Akan tetapi patut disadari bahwa kewenangan sepenuhnya berada di Pemerintah Pusat.

“Kewenangan bukan berada ditangan kita dan tidak dapat menjanjikan sesuatu yang bukan berada ditangan kita,” kata Safei.

Sebagai seseorang aparatur pemerinrah yang telah banyak mengunjungi wilayah-wilayah yang ada di Kolaka tdirinya mengakui memiliki semangat untuk mewujudkan pemekaran tersebut.

“Jadi pemekaran itu, tentu kita akan melihat sikap dari pemerintah pusat. Kapan pun pemerintah pusat siap, kita jauh lebih sudah siap lagi,” tegasnya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada pertengahan tahun 2017 yang lalu telah memutuskan untuk menunda pemekaran 314 wilayah DOB yang telah diusulkan. Adapun alasannya terkait keuangan yang belum cukup untuk merealisasikan pemekaran tersebut.

Selain itu, kendala yang dihadapi pemerintah pusat yakni beban APBN yang semakin berat, penataan aset, sarana dan prasarana, alokasi, penetapan wilayah perbatasan, tata ruang wilayah dan pembiayaan.

“Jika ada pemekaran keuangan negara akan terbebani. Masyarakat Kolaka bagian selatah di harapkan bersabar, karena saat ini masih berproses,” ujar Safei.

Sementara itu salah satu tim pemekaran Kolaka Selatan Arifin Jamal mengatakan mengaku telah melakukan rapat kembali pada minggu (14/1) untuk kelanjutan pembentukan Kolaka Selatan.

“Kita sudah melakukan rapat di Hotel Castil Pomalaa, Intinya adalah kita akan melakukan rapat di setiap kecamatan untuk mencari tau dan mengumpulkan data untuk pemekaran Kolaka selatan. Saya kira masyarakat bersabar, karena proses ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Kita ini tim pemekaran sedang berusah untuk menjalankan proses ini,’ tuturnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top