KOLAKA TIMUR

Bupati Koltim Harapkan Integritas Panwas Dalam Bekerja

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah Saat Menghadiri Acara Pelantikan pengawas pemilihan umum kelurahan dan desa (PPL) se-Kabupaten Koltim untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Tahun 2018 serta pemilihan legislatif dan Presiden Tahun 2019, bertempat di Aula Kantor DPRD Koltim.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah meminta seluruh panitia pengawas pemilu (panwaslu) di setiap tingkatan, untuk mengedepankan integritas di dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
Hal itu diungkapkan bupati dalam acara pelantikan panitia pengawas pemilihan umum kelurahan/ desa (PPL) se-Kabupaten Koltim untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Tahun 2018 serta pemilihan legislatif dan Presiden Tahun 2019, bertempat di Aula Kantor DPRD Koltim, Rabu (17/1).

Tony memaparkan, apabila Koltim adalah daerah yang serba keterbatasan seperti SDM, tidak seperti daerah Jawa yang kualitas SDM Banyak sehingga perekrut untuk PPL mudah. Tetapi di Koltim perekrutannya tergolong tidak mudah. Sehingga ada beberapa PNS yang ikut direkrut menjadi panwas untuk mengisi kekurangan tersebut yang disebutnya untuk ijin bertugas sebagai pengawas akan segera dikeluarkan instansi terkait.
“Kita menyadari kekurangan kita banyak, tidak ada kata lain selain integritas yang harus dikembangkan dengan banyak belajar, bertanya, diskusi dan lain sebagainya. Karena menterjemahkan aturan itu tidak serta merta hitam putih, tapi aturan itu ada kaitannya aturan satu dengan lainnya. Kalau hanya satu maka akan salah dalam mengambil keputusan, karena hukum itu titik koma saja bias dipermasalahkan,” bebernya.

Sehingga dalam bertugas nantinya harap kosong satu Koltim ini, untuk tidak sembarang mengambil keputusan. Selanjutnya dilapangan pengawas tersebut harus mampu bekerja cerdas, tuntas dan kerja iklas. Karena salah satu pengabdian pengawas pemilu kepada negara dan masyarakat adalah bagaimana menjalankan amanah panwas dengan baik sesuai mekanisme.
“Makanya kita harus mempunyai tiga kecerdasan yakni intelektual, emosional dan spiritual,” tuntas bupati.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Koltim Rusniyati Nur Rakibe mengharapkan agar seluruh anggota Panwas utamanya PPL di Koltim, untuk selalu memegang teguh integritas serta bekerja sesuai peraturan Perundang-undangan.
“Dengan tugas yang berat ini maka dibutuhkan pengawas yang memiliki kemampuan baik dan mampu menjaga integritas serta profesionalitasnya sesuai amanat undang undang,” ucapnya.(K9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top