METRO KOLAKA

Penerima JKN Kolaka Terus Meningkat

KOLAKAPOS, Kolaka–Dalam kepemimpinan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei dan Wakilnya H. Muh Jayadin peningkatan jumlah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selalu mengalami peningkatan. Selain jaminan kesehatan untuk masyarakat pemerintah kabupaten juga memperhatikan sarana kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri kepada Kolaka pos mengatakan program kesehatan untuk masyarakat Kolaka hingga saat ini terus berjalan. Bahkan perubahannya sangat signifikan. Saat Kolaka beliau masyarakat Kolaka dijamin kesehatanya dengan dimasukanya program Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh pemerintah Kabupaten Kolaka.

“Pemerintah Kolaka terus meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakatnya. Untuk 2107 peserta JKN KIS kurang mampu dengan jumlah 17.383 jiwa, sedangkan untuk 2018 mengalami peningkatan yaitu 25.011 jiwa. Peningkatan jumlah pemberian KIS yang dianggarkan menggunkan anggaran pemerintah Kolaka merupakan inisiatif Bapak Bupati Kolaka H.Ahmad Safei,” kata Harun.

Lanjut ia mengatakan untuk menyempurnakan dan memantapkan pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat, mulai dari kualitas pelayanan, akses pelayanan, maka pemerintah Kolaka juga melakukan pembangunan beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Kolaka. Beberapa Puskesmas telah dibangun dan itu merupakan salah satu perubahan yang dilakukan dalam kepemimpinan H.Ahmad Safei bersama H. Muh. Jayadin.

“Penguatan institusi pelayanan kesehatan yang ada seperti Puskemas, Puskesmas Pembantu, dan Posyandu perbaikan Rumah sakit Kolaka atau
pelayanan kesehatan rujukan terus dilakukan pembenahan. Titik yang ingin di capai dalam program kesehatan adalah menciptakan masyarakat Kolaka yang sehat,” tambahnya.

Hingga saat ini fasilitas kesehatan yang ada di Kolaka terus dibenahi. Peningkatan tenaga medis juga dilakukan pemerintah daerah Kolaka dengan memberikan beberapa pelatihan kepada tenaga kesehatan, dan bidan bahkan dokter yang ada di Kolaka juga di sekolahkan.

“Peningkatan kwalitas tenaga kesehatan adalah yang utama oleh pemerintah Kabupaten Kolaka. Dengan trampilnya tenaga kesehatan yang ada di Kolaka, maka akan memudahkan masyarakat untuk konsultasi mengenai masalah kesehatan. Program H.Ahmad safei dan H. Muh. Jayadin hingga saat ini masih berlanjut dan belum selesai hingga 2019 nanti,” tambah Harun. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top