KOLAKA UTARA

Raskin Gratis, Kades Diwarning

KOLAKAPOS, Lasusua–Tahun ini Beras untuk Rumah Tangga Miskin (Raskin), yang merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang dialokasikan pemerintah sudah digratiskan, sehingga Pemkab Kolut melalui Asisten II Sekda Kolaka Utara Djunus, mewarning Kepala Desa (Kades) untuk tidak bermain-main dalam pengalokasian Raskin.
Seperti yang diterangkannya bahwa tahun ini Raskin sudah ditangani langsung oleh Dinas Sosial dengan program Bansos dan akan didistrubusikan langsung ke desa-desa.
“Tahun ini sudah gratis, dan setiap bulan akan didistribusikan bukan seperti dulu lagi tiap triwulan, jadi disini Kades tidak boleh lagi memungut biaya beras dan jangan sampai ada Kades yang bermain-main,” ujarnya.
Ia menambahkan, sebelumnya Raskin yang disalurkan setiap karungnya mencapai 15 kilogram (kg), namun kini sudah berkurang yakni 10 kg saja. Junus berharap, Kepala Desa betul-betul menyalurkan Raskin tersebut dengan tepat sasaran.
“Inikan sudah gratis jadi sangat rawan, kepala desa harus betul-betul menyalurkan kepada yang membutuhkan dan tepat sasaran untuk warga yang kurang mampu. Jangan lagi diberikan kepada keluarganya yang mampu, tapi harus yang memiliki kartu perlindungan sosial (KPS),” katanya.
Selain itu, saat ini Pemkab Kolaka Utara akan segera melakukan rapat internal dengan pihak terkait, mengenai Raskin yang telah digratiskan tersebut.
“Kita baru mau rapat dan akan membahas tentang Raskin ini, karena sebelumnya Raskin ditangani dinas PMD tahun ini ditangani oleh Dinas Sosial,” tandasnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top