BERITA UTAMA

BPJS Kesehatan Bakal Tegasi Perusahaan Bandel

Kepala BPJS Kesehatan, dr. Dina Diana Permata (kedua dari kanan) saat meneken MoU dengan Kejari Kolaka, Jefferdian (kedua dari kiri) beberapa waktu lalu. Foto: Doc BPJS Kesehatan for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memastikan bakal memberi sanksi kepada perusahaan swasta bandel di Kolaka, yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta. Hal itu diungkapkan pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, yang juga membawahi BPJS se Sultra, saat berkunjung di Kolaka, Kamis (17/1).

Kepada Kolaka Pos Dina mengaku telah meneken kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka, untuk memberi sanksi hukum terhadap perusahaan yang melalaikan kewajiban terhadap karyawan. Sanksi tersebut berupa denda hingga ancaman tidak mendapatkan layanan publik. “Selain sanksi administrasi berupa denda, BPJS bisa saja meminta bantuan Kejaksaan untuk melakukan penanganan hukum,” tegas wanita yang belum genap setahun memimpin BPJS Kendari itu,.

Dina berjanji, BPJS bersama Kejari akan mendatangi perusahaan bandel yang tidak mengindahkan teguran. Saat mendatangi perusahaan bandel itu, BPJS dan Kejari akan langsung menjatuhkan sanksi. Ketegasan, termasuk menjatuhkan sanksi kata Dina memang diperlukan, karena menurutnya, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk mengabaikan BPJS kesehatan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Dalam aturan itu dijelaskan perusahaan wajib mendaftarkan diri dan karyawannya dalam kepesertaan jaminan kesehatan. “Dengan masuk BPJS banyak manfaat yang akan diperoleh. Karena kondisi kesehatan sangat menentukan kualitas kerja karyawan,” ujarnya.

Saat ditanya perusahaan apa saja yang masuk kategori bandel di Kolaka, sehingga layak diberi sanksi tegas, Dina menyatakan sampai saat ini, masih nihil. “Oh belum ada. Tapi sejauh ini sudah ada beberapa badan usaha yang sudah kami surati sebagai peringatan tertulis,” ucapnya. (kal/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top