KONAWE

KPU Konawe Libatkan 1717 Petugas Coklit

Ilustrasi petugas menempelkan stiker seusai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

KOLAKAPOS, Unaaha–Masyarakat Konawe yang tersebar di 23 Kecamatan, hari ini (20/1), akan kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, guna mendata dan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit), kepada warga Konawe yang sudah pernah memilih dan baru akan menggunakan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe nanti.
Kegiatan ini akan diikuti 1717 petugas Coklit antaranya petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) 610 orang, PPK 115 orang, PPS 987 orang dan anggota komisioner KPU Konawe 5 orang. Petugas ini akan door to door tiap rumah warga dan mendata ulang warga yang akan menggunakan hak pilihnya, berdasarkan KTP Elektronik dan surat keterangan (suket) dari dinas pencatatan sipil Konawe.
“Sebelum melakukan pendataan Coklit, petugas terlebih dahulu melakukan pertemuan kepada pemerintah setempat, untuk menanyakan apakah ada perubahan data pemilih tetap (DPT) di wilayahnya seperti tambahan warga, atau yang meninggal,” kata ketua komisioner KPUD Konawe, Sarmadan.
Lanjut Sarmadan, data Coklit ini akan disandingkan dengan DPT terakhir hasil singkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4). Kegiatan ini pula akan dilaksanakan mulai 20 Januari hingga 18 Februari, untuk hari ini kegiatan Coklit akan dilaksanakan serentak diseluruh kabupaten kota yang akan melaksanakan pemilihan gubernur dan pemilihan kepala daerah pada Juni mendatang.
“Iya, semua komisioner turun melaksanakan Coklit. Ketua KPU lokasi Coklit kecamatan Abuki, Muh. Azwar lokasi Coklit kecamatan Sampara dan Kapoiala, Ulil Amrin kecamatan Lambuya, Abd. Hasim kecamatan Wonggeduku,” terang Sarmadan. (m4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top