BERITA UTAMA

Tiga Penipu dari Ladongi Diringkus, Modusnya Menggunakan SMS

Kasat Reskrim Polres Kolaka AKP. I Gede Pranata Wiguna saat melakukan penjelasan mengenai alat yang digunakan oleh Pelaku.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Polres Kolaka berhasil meringkus tiga tersangka dugaan penipuan dengan menggunakan layanan pesan singkat (Short Message Service/SMS) telepon. Ketiga tersangka berinisial P, IW dan JP tersebut berasal dari kecamatan Ladongi kabupaten Kolaka timur.

Kasat Reskrim Polres Kolaka AKP. I Gede Pranata Wiguna mengatakan modus yang dilakukan oleh para tersangka dengan menyebar ribuan SMS secara acak kepada calon korban, melalui laptop yang tersambung dengan internet. “Tiga tersangka ini menulis pesan terkait harga pas yang ditawar korban, dan meminta calon korbannya menghubungi nomor tertentu, itulah yang dilakukan oleh para pelaku. Setelah berhasil pelaku kemudian mengarahkan calon korbannya menuju ke mesin ATM dan memasukkan kartu ATM hingga melakukan transfer ke nomor rekening pelaku yang telah disiapkan,” tambahnya .

Lanjut Gede, dari tangan ketiga tersangka, polisi berhasil mengamankan buku tabungan, kartu ATM, 2 unit laptop, 14 modem, 2 buah HP dan 24 kartu GSM. “Dalam menjalankan aksinya, pelaku ini mampu menipu korbannya hingga puluhan juta rupiah. Sementara keuntungan yang diperoleh dalam kasus penipuan tersebut digunakan untuk bermain judi online,” tuturnya.

Penangkapan pelaku terangnya, berdasar laporan warga Kolaka yang kena tipu oleh komplotan tersebut, dengan kerugian Rp13 juta. “Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku yang kini mendekam di sel tahanan Polres Kolaka, dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” katanya. (hud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top