KOTA KENDARI

Muh Irfan : Februari 2018, Dermaga Kendari Newport Selesai

KOLAKAPOS, Kendari–“Dermaga pelabuhan akan selesai pada Februari 2018 berdasarkan kontrak kerja,” kata Muh Irfan di Kendari, Kamis.
Ia mengatakan, pembangunan dermaga yang merupakan tahap pertama pembangunan pelabuhan itu tuntas tepat waktu karena material sudah tersedia di kolasi.
General Manager PT Pelindo IV Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Irfan mengatakan pembangunan dermaga Pelabuhan Kendari Newport saat ini sudah mencapai 90 persen.
“Material yang didatangkan dari Gresik sudah tersedia di lokasi, itulah yang meyakinkan kami selesai tepat waktu khusus dermaga, di luar dari kegiatan reklamasi untuk lahan terminal pelabuhan dan kawasan perkantoran,” katanya.

Menurut dia, meskipun pekerjaan tahapan pertama belum rampung 100 persen, tetapi pekerjaan tahapan kedua, yakni reklamasi untuk terminal pelabuhan sudah mulai dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda.

“Progres penimbunan atau reklamasi untuk terminal pelabuhan sudah mencapai 10 persen,” katanya.

Disebutkan, secara keseluruhan pembangunan pelabuhan Kendari Newport akan menghabiskan anggaran hampir Rp1 triliun yang terdiri atas Rp300 miliar dana dari PT Pelindo dan selebihnya dari APBN.

Dikatakan, pembangunan pelabuhan Kontainer Kendari Newport di Pulau Bungkutoko Kota Kendari akan mendukung ekspor langsung ke negera tujuan.

“Pembangunan Kendari Newport dilakukan untuk mendukung rencana sistem pengapalan langsung ke luar negeri melalui pelabuhan di Kendari,” katanya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top