KOTA KENDARI

Hidayatullah Jadikan KPU Mubar Sebagai Percontohan

Foto Ketua KPU Sultra Hidayatullah Saat Mencocokan Data Pemilih di Rumah Warga (Kanan).FOTO:Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari–Sesuai dengan intruksi dari pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) hari ini Sabtu, (20/01) secara serentak KPU seluruh indonesia melaksanakan apel persiapan pelaksanaan pencocokan, dan penelitian dalam gerakan coklit, tak terkcuali KPU Propinsi Sultra.

Untuk menindaklanjuti intruksi tersebut KPU Sultra berkunjung di KPU Muna Barat (Mubar) untuk melaksanakan coklit, karena Kabupaten Mubar merupakan pelaksana pilkada paling sukses diantara Tujuh KPU yang ada di Sultra. Kemudian KPU Mubar merupakan juara satu dalam partisipasi pemilu saat pilkada 2017 lalu. Dengan partisipasi 84,8 persen juara satu di tingkat Sultra dan juara sepuluh ditingkat nasional.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, KPU mubar ini akan dicanangkan sebagai KPU yang demokratis sepanjang sejarah pemilihan gubernur dan pemilihan pemilihan lainnya. Tercatat KPU mubar ini merupakan pecahan dari kabupaten Muna, namun Mubar harus menjadi contoh pelaksanaan demokranisasi untuk Muna ataupun yang lainnya. “Semoga KPU mubar ini, karena sementara proses seleksi, maka anggota KPUnya bisa kita pertahankan dalam waktu dekat, bahkan sangat layak untuk menggantikan kami di propinsi Sultra,” ucapnya saat memimpin apel persiapan Coklit. Sabtu, (20/01).

Gerakan pencoklikan lanjutnya, yang dilakukan secara serentak, dan kegiatan ini bukan hanya Mubar, namun diseluruh indonesia diselenggarakan apel persiapan untuk melaksanakan amanah ini dengan baik. “Satu hari satu orang anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) minimal mengunjungi lima rumah, dan untuk hari ini akan didampingi oleh ketua KPU Sultra Hidayatullah untuk mengunjungi rumah warga suka damai desa Guali, Kabupaten Mubar untuk mencoklit. “Satu PPDP akan mencoklit lima rumah, dikalikan 169 PPDP, maka saya yakin pencoklitan akan selesai dengan tepat waktu,” urainya.

Ketua KPU Mubar Almunadir, pihaknya sangat berterima kasih, karena KPU propinsi Sultra telah berkunjung di bawah pimpinannya. Dan kegiatan apel persiapan coklit ini patut diapreasiasi. “Kita akan mengusahakan, agar pemilihan kepala daerah berjalan dengan lancar, dan kami akan berusaha untuk mengulang rekor seperti pelaksanaan pilkada pada tahun 2017 lalu,” tutupnya. (P2/hen))

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top