BERITA UTAMA

MTQ Kolaka Dimulai 3 Februari

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Kolaka telah memastikan Mushabaqah Tilawaril Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kolaka akan dilaksanakan di kecamatan Toari mulai 3 Februari. Bupati Kolaka H.Ahmad Safei berharap kepada semua camat yang ada di Kolaka untuk memeriahkan kegiatan itu.

“Camat jangan memberikan penampilan yang biasa saja, pelaksanaan MTQ harus meriah walupun dilakukan secara sederhana. Dalam pelaksanaan MTQ di Toari, semua kecamatan harus mengikuti semua lomba yang ada. Saya ingin semua camat yang ada di Kolaka menampilkan hasil yang terbaik. Dari hasil yang terbaik maka akan selanjutnya peserta akan berlanjut kejenjang yang lebih tinggi dengan mengikuti MTQ tingkat provinsi,” katanya.

Lanjut ia mengatakan pelaksanaan MTQ mempunyai tiga tujuan yang yaitu syiar agama Islam, kemudian memberikan hiburan kepada masyarakat kecamatan Toari, dan yang terakhir adalah memberikan peningkatan ekonomi kepada masyarakat yang berusaha di sekitar lokasi pelaksanaan MTQ. “Karena itu semua camat harus memberikan penampilan yang terbaik. Karena Kecamatan Toari adalah kecamatan yang berada di ujung Kolaka yang berbatasan langsung dengan kabupaten Bombana. Malulah kalau peserta MTQ dari kecamatan yang ada di Kolaka penampilanya biasa saja,” ujar Safei.

Sementara itu ketua LPTQ Kolaka H. Muh. Jayadin mengatakan dalam pegelaran MTQ di Toari akan berbeda dengan MTQ sebelumnya. Karena dalam kegiatan ini tidak ada tari kolosal seperti biasanya. Namun tidak adanya tari kolosal tidak mengurangi tujuan utama MTQ yaitu syiar agama islam. “Dengan berlangsungnya MTQ di Toari, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan ini, terutama para UMKM yang akan mempromosikan produknya. Jika setiap kecamatan ada 200 orang dan pelaksanaan dihadiri oleh 12 kecamatan maka ada sekitar 2000 orang akan datang ke kecamatan Toari,” katanya.

Lanjut ia mengatakan yang terpenting dalam kegiatan MTQ adalah masyarakat bisa menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. Dengan situasi yang aman maka tamu dari 11 kecamatan yang datang di Kecamatan Toari akan senang. “Kita semua disini orang yang bisa menjaga keamanan dan kenyamanan. Harapan pemerintah pada saat kegiatan MTQ semua berjalan dengan aman dan nyaman,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Kolaka H.Andi Wahidah mengatakan pelaksanaan MTQ di Toari sekaligus sebagai ajang seleksi bagi peserta terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Kolaka pada MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang rencananya dihelat di Kabupaten Buton Utara pada Maret mendatang.

Ada sembilan cabang musabaqah atau lomba yang dihelat, yaitu Cabang Tilawah Al-Quran meliputi golongan anak-anak, Tartil Al Quran, remaja, dewasa, cacat netra, Qiraat Murattal golongan remaja dan dewasa, serta Qiraat Mujawwad golongan dewasa. “Untuk cabang Musabaqah Hifzh Al-Quran (MHQ), meliputi golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, serta golongan 30 Juz. Selanjutnya, Cabang Tafsir Al Quran, meliputi golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada cabang Syarh Al Quran terdiri dari kategori putra dan putri. Demikian halnya untuk cabang Fahm Al Quran meliputi kategori putra dan putri,” kata Andi Wahidah.

Lanjut Andi, Cabang Musabaqah Khath Al Quran (MKQ), terdiri golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi dan golongan Kontemporer. Cabang Musabaqah Maqalah Al-Quran (MMQ), meliputi kategori putra dan putri. “Selain itu, pada MTQ kali ini juga mempertandingkan Cabang Qasidah Klasik untuk golongan remaja dan dewasa, serta Bintang Vocalis meliputi golongan anak-anak, remaja dan dewasa,” jelasnya. (hud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top