KOLAKA TIMUR

75 Persen Bangunan di Koltim Tak Miliki IMB

Kepala Dinas PMPTSP Koltim, Maryono.

KOLAKAPOS, Tirawutra–Kesadaran masyarakat Kolaka Timur (Koltim) dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) masih minim. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Koltim, Maryono, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu (24/1).
“Saat ini jika kita persentasekan baru sekitar 25 persen masyarakat Koltim yang sudah mengurus IMB,” ungkap Maryono.
Seharusnya, kata Maryono dengan semakin banyaknya pembangunan baik itu pembangunan rumah pribadi maupun pembangunan rumah toko (Ruko), otomatis cakupan persentasenya pengurusan IMB meningkat, namun karena masih banyak masyarakat yang belum paham terkait kewajiban mengurus IMB, sehingga masyarakat masih belum memiliki kesadaran untuk mengurus IMB.
“Inilah pemahaman yang akan kita rubah dan kita juga akan sosialisasikan, sehingga target PAD kita bisa terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan banyak PNS yang sudah menduduki jabatan eselon, tapi rumahnya tak memiliki IMB,” bebernya.
Menurutnya, pengurusan IMB merupakan suatu kewajiban yang harus diurus oleh setiap masyarakat yang akan membangun dan telah membangun sebab telah diatur dalam undang-undang, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengurus IMB. Apalagi pengurusan IMB merupakan sumber PAD.
“Masyarakat harus paham bahwa pengurusan IMB wajib dilakukan, apalagi biaya dalam pengurusan IMB cukup terjangkau dan proses pengurusannya juga mudah,” jelasnya.
Olehnya itu, kata mantan Kadis PA dan PP Koltim ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan penertiban kepada bangunan yang belum memiliki IMB serta melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat, bahkan jika ada bangunan yang sementara dibangun belum memiliki IMB maka pihaknya akan menghentikan sementara proses pembangunannya.
“Kita akan membentuk Satgas guna melakukan penertiban dan kita juga akan memudahkan masyarakat yang ingin mengurus IMB. Semua ini kami lakukan agar target PAD dapat terwujud dan kami optimis tahun ini PAD kita khususnya di Dinas kami akan naik tiga kali lipat dari target PAD yang telah ditetapkan,” ucapnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top