KOTA KENDARI

Daging Ayam Broiler Naik

KOLAKAPOS, Kendari–Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Muhammad Ali mengatakan selama sepekan terakhir harga daging cenderung stabil kecuali ayam potong dan ayam kampung mengalami kenaikan yang wajar.
Sementara harga daging ayam broiler justru alami kenaikan dari Rp26.600 perkilogram atau Rp50.000-Rp52.500 per ekor kini naik menjadi Rp27.100 per kilogram atau Rp60.000 per ekor naik atau hampir 2 kilogram dalam satu ekor. Dan ayam kampung Rp68.000 per kilogram atau Rp100.000-Rp125.000 per ekornya.
Diakuinya bahwa dari belasan bahan pokok pangan yang setiap hari dicatat di Kota Kendari, ibu kota Provinsi Sultra, ada kebutuhan pokok yang naik dan ada yang justru turun.
Sementara itu, harga daging sapi di sejumlah pasar induk maupun pasar tradisional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, selama sepekan terakhir tergolong cukup stabil.
Dari pihak rumah potong hewan (RPH), dalam melakukan pemotongan tidak menambah jumlah yang dipotong dalam setiap harinya sehingga mempengaruhi harga daging seketika naik.

“Naik maupun turunya harga bahan pokok dipasaran adalah hal biasa dan tidak menjadikan masalah bagi konsumen, sepanjang itu masih dalam batas yang wajar. Karena konsumen pun sudah tahu bahwa bila kondisi cuaca yang tidak menentu maka produk bahan pokok yang umumnya diantarpulaukan dari luar akan mempengaruhi hingga di tingkat pengecer,” ujaranya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top