BERITA UTAMA

Kolaka Dapat Jatah Pembangunan Rusun

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sultra Martin Effendi Patulak.FOTO:Asbar/Kolaka Pos

Juga di RS.Bahteramas dan Baubau

KOLAKAPOS, Kendari–Tahun ini Kabupaten Kolaka bakal mendapat tambahan bangunan satu unit Rumah Susun (Rusun). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengaggarkan pembangunannya melalui APBN dan telah termasuk ke dalam DIPA Sultra.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sultra, Martin Effendi Patulak mengatakan selain Kolaka, pembangunan Rusun juga akan dilakukan di Kendari dan Baubau. “Yang pasti tuh di sekitar RS Bahteramas satu, di Kolaka satu, kemudian di bau-bau satu. Ini yang pasti dibangun tahun ini,” katanya .
Pembangunan Rusun tersebut tinggal menunggu proses lelang. Ia juga menyebut nantinya kontruksi Rusun terdiri tiga lantai dengan 55 kamar. “Semua APBN Kementerian PU PR sudah jadi DIPA tinggal memproses lelang. Kontruksinya haya tiga lantai, sebab pembangunan rusun itu tergantung dari kondisi kelabilan tanah. Kalau daerah gempa seperti kita (Sultra), pemerintah pusat selama ini hanya merekomendasikan tiga lantai. Tapi kalau yang tidak (gempa) itu, bisa sampai lima atau enam lantai,” jelasnya.
Selain Kolaka, sekitar RS Bahteramas Kendari dan Baubau, masih ada dua daerah yang masih menunggu persetujuan pembangunan Rusun, yakni di kampus Universitas Haluoleo dan Muna. “Sedangkan daerah lainnya bukan tidak mengusulkan, mungkin sudah mengusulkan tetapi persyaratan teknisnya belum terpenuhi. Seperti, yang utama itu kan tanah harus milik Pemda dan harus dibuktikan dengan sertifikat kepemilikan itu yang paling sulit secepatnya,” tandasnya. (k1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top