KOTA KENDARI

Sultra Membutuhkan Tenaga Kerja Ahli dan Trampil

KOLAKAPOS, Kendari–“Sultra memiliki 17 kabupaten/kota yang masing-masing memiliki perbedaan kebutuhan tenaga kerja. Oleh karena itu kegiatan pemagangan BLK Kendari cukup prospek dengan harapan menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai di daerah itu,” ujar Asisten II Setda Provinsi, La Ode Andi Pili mewakili Plt Gubernur Sultra saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi di Aula BLK Kendari, Selasa.
Menurut Plt Gubernur, Sultra hingga saat ini membutuhkan tenaga kerja yang teranpil dan ahli dibidangnya dengan catatan harus melalui pelatihan yang ditandai dengan mengantongi sertifikasi dan benar-benar kompeten yang dikelurkan dari lembaga yang melakukan pelatihan seperti BLK.
Dia berharap Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari di bawah Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Bimalantas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam membuka program pelatihan pemagangan agar menyesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan bagi tenaga kerja di daerah.
membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi di Aula BLK Kendari, Selasa.
“Dengan kehadiran BLK Kendari sebagai instansi vertikal di bawah Dirjen Bimalantas Kemenaker RI, telah benyak melahirkan tenaga kerja teranpil siap pakai yang bisa bersaing dan bekerja di sejumlah perusahaan di Sultra maupun di luar daerah,” ujar Andi Pili.

Sementara itu, Kadis Nakertrans Sultra Saemu Alwi mengatakan, tenaga kerja di Sultra saat ini cukup banyak namun yang bisa diterima pada sejumlah perusahaan santa terbatas karena faktor skil yang belum bisa terserap sesuai yang dibutuhkan perusahaan itu, terutama tenaga-tenaga ahli dibidang konstruksi.

Ia mengatakan, saat ini sedikitnya ada 15 perusahaan baru yang bergerak pada sektor pertambangan yang tentunya tenaga kerja awal yang dibutuhkan diperusahaan itu adalah yang bekerja pada pemasangan alat mesin smalter dan konstruksi, yang tentunya bagi mereka yang memiliki bidang keterampilan khusus.
orang dari 425 orang pendaftar untuk 10 paket pelatihan dari tujuh kejuruan meliputi design grafis (1 paket), juru las (1 paket), mekanik junior sepeda moto1, administrasi perkantoran ( 1 paket), gambar bangunan (1 paket), parawisata/perhotelan (2 paket) dan menjahit pakaian dasar (3 paket).(p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top