BERITA UTAMA

Usut Tuntas ASN Terlibat Politik Praktis

KOLAKAPOS, Kolaka–Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kolaka diminta secepatnya mengusut 12 ASN Kolaka yang diduga terlibat politik praktis. Hal itu dianggap penting, agar netralitas ASN dalam Pilkada Kolaka tetap terjaga. Penegasan itu disampaikan ketua Aliansi Masyarakat Peduli Pilkada Kolaka Supriadi, kemarin (24/1).

Supriadi menuturkan, pemeriksaannya dianggap sangat penting, sehingga tingkat kesalahannya dapat diketahui oleh publik. Begitu dengan ASN lainnya, agar dapat berhati-hati untuk tidak terjerumus dalam politik praktis. “Ini sangat penting. Makanya, kami minta kepada Panwas agar secepatnya melakukan pemeriksaan, sehingga semuanya menjadi terang benderang dan kelak dapat memiliki efek jera,” harapnya.

Netralitas ASN katanya telah dirumuskan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, UU Nomor 10 Tahun 2016, UU Nomor 5 Tahun 2014, Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2015. Selain itu ada juga aturan dari PP 42 tahun 2004, PP 52 tahun 2010, Surat Edaran Menpan RB, Surat Edaran Medagri. Berbagai aturan tersebut, dengan jelas-jelas melarang adanya PNS ikut terlibat dalam aksi dukung-mendukung bakal calon kepala daerah. “Segala peraturan tersebut harus dipatuhi para ASN. Konsekwensi dari pelanggaran tersebut, yakni ada sanksi. Adapun sanksinya ada berupa hukuman disiplin. Hukuman disiplin memiliki tiga tingkatan, yakni ringan, sedang dan berat. Bila terbukti melakukan pelanggaran yang sudah ditentukan, sanksi terberatnya berupa pemecatan secara tidak hormat,” jelasnya. (ing/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top