BERITA UTAMA

Al-Mawaddah Wisuda Sekaligus Ganti Status, Dari Sekolah Tinggi, Al-Mawaddah Kini Jadi Institut

Ketua STAI Al-Mawaddah Warahmah DR KH H M. Zakariah, MA

KOLAKAPOS, Kolaka–Sabtu (27/1) besok, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Mawaddah Warahmah Kolaka mewisuda 40 mahasiswa angkatan ke-X. Wisuda tersebut akan dilaksanakan di aula Sasana Praja kantor bupati Kolaka.

Ketua yayasan STAI Al -Mawaddah Warahmah Kolaka Dr KH H M Zakariah, MA mengatakan wisuda tersebut akan dihadiri bupati Kolaka H Ahmad Safei, juga perwakilan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). “Insyaallah besok 40 mahasiswa dari dua Prodi akan diwisuda,” ungkapnya.

Selain wisuda, pada saat itu juga akan dilakukan penyerahan Surat Keputusan Dirjen Dikti terkait perubahan status Al Mawaddah, dari Sekolah Tinggi menjadi Institut. “Perubahan status dari STAI menjadi IAI. Penyerahan SKnya akan dilakukan bersamaan pada saat acara wisuda berlangsung,” akunya.

Perubahan status tersebut telah lama dinantikan oleh yayasan. Diakui Zakariah, dengan berubahnya status maka Al Mawaddah dapat menambah fakultas dan program studi. “Kalau statusnya sudah institut, maka status kedudukannya akan berubah dan jumlah prodinya akan bertambah. Selain itu perubahan nama dari struktur pengurusan yang tadinya hanya ketua yayasan menjadi rektor,” jelasnya.

Diapun telah mengambil ancang-ancang menambah dua fakultas lagi. “Tahun ini kami akan buka empat fakultas yakni fakultas Tarbiyah dan Keguruan, fakultas Syariah dan Hukum Islam, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta fakultas Adat dan Dakwah,” tutupnya.

Zakariah juga berharap dengan berubahnya status, maka akan memacu kampus untuk meningkatkan kualitas SDM. Pasalnya saat ini, Al Mawaddah masih kekurangan tenaga pendidik yang ebrasal dari Kolaka. Beberapa pengajar di kampus hijau tersebut berasal dari luar Kolaka. “Kami akan terus berupaya agar kualitas SDM, khususnya dikampus kami meningkat. Sebagai langkah awal, para alumni kami sekolahkan untuk mengambil S2. Tahun ini juga kami akan membuka jurusan S2 sehingga tak ada lagi alumni yang keluar jauh-jauh untuk mengambil S2 mereka,” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top