BERITA UTAMA

Bangunan Terminal Bibit TPH Kolaka Disorot

KOLAKAPOS, Kolaka–Proyek pembuatan Terminal Bibit dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kolaka dipertanyakan fungsinya. Mulai dari segi manfaat, bangunan yang menggunakan kayu bekas dan penempatan lokasi pembangunan diduga tidak menggunakan perencanaan yang matang. LSM Gerakan Rakyat Untuk Daerah (Garuda) Sultra menganggap proyek tersebut tidak mempunyai manfaat dan pengerjaanya tidak menggunakan perencanaan.

Ketua LSM Garuda Sultra Mangun mengatakan proyek yang di kerjakan oleh dinas TPH Kolaka hingga saat ini tidak berfungsi. Apalagi hingga saat ini belum ada perlengkapan mendukung perkembangan bibit di lokasi tersebut. “Banyak kejanggalan pada proyek yang nilainya ratusan juta itu. Misalkan di lokasi tersebut tidak ada sumber ait tawar. Sangat disayangkan proyek tersebut belum dimanfaatkan, padahal seharusnya pada 2018 ini proyek tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain masalah fungsi dan kegunaan, proyek tersebut juga diduga dibangun menggunakan kayu bekas. Diduga oknum tersebut sengaja menggunakan bahan bekas untuk mencari keuntungan yang banyak. “Harusnya Dinas TPH bisa melakukan kajian mengenai pembuatan terminal bibit. Tanaman bibit yang seharusnya sudah dipajang di lokasi tersebut hingga saat ini belum ada. Padahal seharusnya sudah ada aktifitas pada terminal bibit tersebut,” katanya.

Kepala dinas Pertanian La Ramuli saat dikonfirmasi mengatakan terminal bibit tersebut masih menjadi tanggung jawab pemborong. Namun ia menjelaskan bahwa pasokan sumber air telah tersedia dan siap digunakan. Sedangkan bibit yang akan ditempatkan di terminal itu, sementara dikarantina. “Bibit sudah ada, hanya memang kita belum tempatkan karena bibit dikarantina dahulu, untuk menyesuaikan iklim Kolaka. kalau ada masalah ini masih menjadi tanggung jawab pemborong. Ada masa pemeliharaan hingga enam bulan,” ujar La Ramuli.

Sementara itu Bupati Kolaka H.Ahmad Safei saat dikonfirmasi membenarkan terminal bibit belum difungsikan. “Yah memang saat ini terminal bibit belum difungsikan, mungkin masih ada beberapa hal yang mau di benahi. Kita pasti akan fungsikan lokasi tersebut,” katanya. (hud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top