METRO KOLAKA

Petani Minta Saluran Irigasi di Perbaiki

Bupati Kolaka H.Ahmad safei saat melakukan penen padi di Kelurahan Tahoa.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Petani sawah kelurahan Tahoa kecamatan Kolaka mengeluhkan kerena kondisi saluran saat ini belum di beton. Petani mengaharapkan pemerintah kabupaten Kolaka melakukan perbaikan irigasi yang bedara di kelurahan Balandete hingga Tahoa.

Amir Salah satu petani di Tahoa mengatakan masalah yang ada di lapangan adalah masalah air. Karena debit air yang mengalir ke persawahan sedikit. Diperparah dengan tidak dibetonya saluran irigasi menyebabkan air meresap ke tanah.

“Jumlah sawah yang ada di keluarah Tahoa sekitar 183 hektar, itu sangat membutuhkan air dalam jumlah banyak.Kami berharap pemerintah Kolaka dalam hal ini Bupati Kolaka H. Ahmad Safei untuk bisa melakukan kebijakan pembangunan irigasi di wilayah persawahan di Tahoa,” katanya.

Lanjut ia mengatakan untuk panjang irigasi kelurahan Balandete hingga Tahoa panjangnya sekitar tiga kilo meter. Kemudian selain irigasi, bendungan yang berada di Balandete juga sudah mengalami pendangkalan sehingga mempengaruhi suplai air ke persawahan.

“Kami setiap kali akan melakukan tanam selalu membersihkan bendungan. Namun pembersihan tersebut hanya menggukan tenaga manusia (manual) sehingga hasilnya kurang maksimal,” katanya.

Sementara itu Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengatakan keinginan petani agar irigasi di beton itu bisa saja hanya proses itu tidak akan langsung jadi. Pasalnya saat ini anggaran untuk 2018 telah diputuskan.

“Nanti kita atur bagaimana bagusnya. Pastinya petani berdoa saja agar semuanya berjalan lancar untuk mengusahakan pembetonan irigasi. Kemudian untuk petani yang ada di wilayah Tahoa, saya berharap agar masih tetap mempertahankan kondisi sawahnya. Sawah di dalam kota Kolaka ini agar tidak beralih fungsi menjadi perumahan,” tuturnya.

Lanjut ia mengatakan untuk masalah bendungan nanti akan dilihat oleh dinas PU, apakah akan di keruk atau bagaimana nanti teknis yang akan melihat itu.

“Nanti kita lihat itu bendungan. Namun yang terpenting adalah masalah debit air di sungai adalah penebangan hutan di hulu sungai. Kalau mau air itu banyak maka masyarakat juga harus bisa menjaga pohon serta hutan. Karena jikahutan gundul pasti akan mempengaruhi debit air di sungai,” tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top