METRO KOLAKA

Kasat Lantas : Masyarakat Kolaka Harus Paham Aturan Lalulintas

Kasat Lantas Polres Kolaka AKP M. Risal Syahril

KOLAKAPOS, Kolaka–Tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas di Kolaka ternyata relatif rendah, tidak sedikit para pengendara sering tidak mengindahkan rambu lalu lintas, termasuk menerobos lampu merah serta melawan arus lalulintas.

Menyikapi hal tersebut Kasat Lantas Polres Kolaka AKP M. Risal Syahril menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar menumbuhkan kesadaran pribadi. Karena menurut Kasat lantas, Laka lantas sangat dipengaruhi oleh rendahnya kesadaran lalu lintas dari pengguna jalan.

“Melihat masih banyaknya pelanggaran peraturan lalu lintas yang dapat mengakibatkan kecelakaan serta mencegah adanya koban jiwa, hendaknya masyarakat menumbuhkan kesadaran berlalu lintas,” terang Risal.

Lanjut ia mengatakan, untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lau lintas, dari Sat Lantas juga sudah melakukan sosialisai budaya tertib lalu lintas dengan melakukan berbagai sosialisasi dan kegiatan safety riding, bahkan penindakan berupa pemberian tilang juga sudah sering dilakukan. Namun hal itu akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan kesadaran dari pengendara sendiri.

“Harus ada kesadaran, pengendara seharusnya bisa lebih taat terhadap peraturan lalu lintas meskipun tanpa ada petugas lalu lintas yang mengawasi. Selama ini pengendara baru taat terhadap peraturan lalu lintas jika ada petugas. Mari kita sadar untuk keselamatan kita dan orang lain,” pesan Kasat Lantas.

Ia juga berpesan agar para pengguna jalan lebih teliti dan cermat memperhatikan baik rambu maupun marka jalan.

“Kita dituntut lebih peduli lagi tidak hanya tentang keamanan berkendaraan tetapi juga apa yang menjadi petunjuk di Jalan Raya seperti rambu dan marka. Mari stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan demi kemanusian,”tambahnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top