METRO KOLAKA

Tahun Ini Intake PDAM Kolaka Rampung

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Kolaka telah menandai pembangunan Bendung (intake) sungai Ulunggolaka milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka, dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei. Pembangunan intake sungai Ulunggolaka yang menelan anggaran hingga Rp 80 miliar tersebut, ditargetkan rampung pada Desember 2018 ini.

Safei mengatakan, pembangunan intake Ulunggolaka merupakan tindak lanjut dari program strategi pemerintah daerah Kolaka dalam rangka memperbaiki kualitas hidup manusia, lingkungan dan air, serta untuk mencapai program 100-0-100 (seratus nol seratus) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Saat ini, kata Safei, pembangunan intake Ulunggolaka senilai Rp 80 miliar yang bersumber dari Dirjen Sumber Daya Air dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR sudah mencapai 40 persen. Dengan kapasitas air mencapai 250 liter per detik, air bersih tersebut ditargetkan dapat dinikmati oleh warga yang berada di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Latambaga, Kolaka, Wundulako, Baula dan Pomalaa pada awal tahun 2019.

“Kalau tidak ada halangan, pembangunan bendung ini diharapkan dapat selesai di akhir tahun 2018, sehingga minimal di awal tahun 2019 warga Kolaka sudah bisa menikmati air tersebut,” ucapnya.

Dikatakan Safei, proses perijinan penggunaan lahan yang akan digunakan untuk membangun intake, memakan waktu hingga enam bulan. Sebab, lahan yang terletak di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga tersebut berada di kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA).

“Pengurusan periijinan kerjasama lahan di Kementerian cukup lama sampai enam bulan lamanya. Tapi urusan perijinan itu sudah selesai. Kita harapkan pembangunan intake ini cepat selsai sehingga masyarakat bisa segera menikmati,” tambahnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top