KOLAKA UTARA

Ambulans Jangkau 133 Desa

Ilustrasi ambulans.

KOLAKAPOS, Lasusua–Jangkauan pelayanan kesehatan di Kolaka Utara semakin dirasakan hingga pelosok. Apalagi Kolaka Utara telah memilki 16 unit ambulans gratis, yang menjangkau 133 desa dan kelurahan di 16 Puskesmas yang ada di Bumi Patampanua. Bahkan Dinkes Kolut tahun ini akan kembali mengadakan lima unit ambulans.
Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Utara Alias menjelaskan, bahwa tahun lalu telah dianggarkan secara bertahap pengadaan mobil ambulans. “Tahun lalu pertama ada lima unit dan ada 11 unit lagi jadi total ada 16 unit ambulans, semuanya ditempatkan di 16 Puskesmas,” katanya.
Diapun menambahkan, kebutuhan lima unit mobil ambulans itu diperuntukan untuk mobil rujukan antar provinsi dan mobil jenasah. “Kita masih membutuhkan mobil rujukan pasien tiga unit dan mobil jenazah 2 unit, pengadaannya tahun ini,” terangnya.
Mobil jenasah dan mobil ambulans tersebut katanya penggunaannya berbeda, pasalnya mobil ambulans tidak diperuntukan untuk mobil jenasah, karena mobil ambulans dipergunakan untuk pasien yang masih hidup bukan untuk pasien yang sudah meninggal.
“Kita pisahkan penggunaanya karena jika mobil jenasah digunakan untuk pasien yang sakit itu kan rawan penyakit, bisa-bisa pasien yang sakit ini tambah sakit, karena tertular penyakit dari jenasah, sehingga penggunaanya harus dipisahkan, dan tahun ini ada tiga unit mobil ambulans,” ujarnya.
Diapun menegaskan, mobil ambulans tersebut gratis sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali untuk mobil mobil jenazah di luar Kolaka Utara, namun sesuai dengan tarif peraturan bupati (Perbup) yang telah ditetapkan.
“Tidak ada penarikan sekecil apapun untuk ambulans kalau dalam wilayah Kolaka Utara, kecuali untuk ambulans dan mobil jenasah di luar Kolaka Utara ada tarifnya sesuai dengan Perbup,” tandasnya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top