BERITA UTAMA

Adi Hidayat Divonis Bebas

KOLAKAPOS, KOLAKA — Perkara Jaminan Reklamasi (Jamrek) PT.Tambang Rejeki Kolaka (TRK), semakin terang. Hal tersebut setelah satu persatu terdakwa yang dituding terlibat dalam kasus Jamrek divonis bebas oleh hakim PN Tipikor Kendari.

Pertama, pada 25 Agustus 2017, PN Tipikor membebaskan mantan pegawai bank BUMN, Abdullah yang disebut mencairkan Jamrek TRK.
Saat itu, majelis hakim membebaskan Abdullah karena beranggapan dana Jamrek bukan uang negara, sehingga tidak menimbulkan kerugian negara. Kemarin (31/1), giliran Adi Hidayat yang diputuskan bebas.

Sidang yang dipimpin hakim Andri Wahyudi itu, mengungkapkan fakta serupa dengan sidang Abdullah. Bahwa Adi Hidayat dibebaskan karena Jamrek yang dipermasalahkan Kejari Kolaka, tidak dapat dibuktikan sebagai uang negara.
Sehingga, tidak memberikan kerugian pada negara. “Menyatakan terdakwa Adi HIdayat, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam seluruh dakwaan penuntut umum? Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari seluruh dakwaan Penuntut Umum,” ucap Andri.

Bersamaan dengan itu, majelis hakim juga memerintahkan kepada penuntut umum dalam hal ini Kejari Kolaka untuk membebaskan terdakwa dari tahanan dan memulihkan hak-haknya dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya. (p2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top