KOLAKA TIMUR

Bupati Koltim: Jadikan TPA Sebagai Objek Wisata

Kepala Satker PSPLP Sultra Sahabuddin saat menyerahkan aset TPA sampah Koltim kepada Kadis LHK Koltim Ishak Benhur.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Bupati Koltim Tony Herbiansyah, meminta kepada dinas terkait agar menjadikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Koltim sebagai obyek wisata. Hal ini disampaikan Tony Herbiasnsyah saat menghadiri kegiatan serah terima aset sekaligus pemanfaatan TPA sampah Koltim di desa Rara, kecamatan Tirawuta. Dihadiri kepala satuan kerja (Satker) pengembangan sistem penyehatan lingkubgan permukiman (PSPLP) Sultra, Sahabuddin, Rabu (31/1).
“Kehadiran TPA ini, merupakan kesukuran bagi kita semua, apalagi ini merupakan TPA yang berskala moderen. Jadi saya minta kepada dinas terkait agar dapat menjadikan TPA ini sebagai objek wisata,” ungkap Tony Herbiansyah.
Menurutnya, dengan adanya TPA yang mencapai 7,11 hektar ini, setidaknya sudah berfikir kedepan bukan berfikir hari ini. Apalagi dampak sampah tidak akan ada seperti yang dikhawatirkan masyarakat. “Sampah mengandung zat yang berbahaya, tetapi dengan kehadiran TPA skala moderen maka tidak ada lagi yang mesti ditakuti, apalagi harus alergi dengan TPA,” jelasnya.
Olehnya itu, pihaknya akan melakukan pengaspalan dan memperlebar jalan menuju TPA, serta menyiapkan sarana dan prasana agar fasilitas dapat terpenuhi sesuai dengan apa yang diharapkan.
Di tempat yang sama, kepala Satker PSPLP Sultra Sahabuddin mengatakan, pembangunan TPA sampah Koltim dimulai sejak tahun lalu dengan menghabiskan anggaran Rp15 miliar dari APBN, dimana proses pembangunannya terdiri dari pembangunan tiga zona, instalasi pengelolaan limbah dan jalan operasi, serta pencucian mobil truk. TPA ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata, karena areanya yang indah.
“Sesuai dengan desain kami bisa berfungsi selama 25 tahun. Dan Insya Allah setelah ini kita juga akan mengajukan ke Kementrian PU-PR untuk pengadaan alat berat dan jembatan timbang,” akuhnya.
Sementara itu, kepala dinas lingkungan hidup dan kebersihan Koltim Ishak Benhur, mengaku jika TPA Koltim merupakan TPA yang terbaik di Sultra, sehingga pihaknya akan menjaga dan mengelolanya dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik.
“Manfaat TPA ini untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang baik, mewujudkan sistem pengelolaan TPA sampah sesuai dengan kriteria teknis, terlaksananya sarana dan prasarana TPA sampah yang baik dan tersedianya TPA sampah dengan sistem sanitari landfil. Kita juga akan jadikan TPA ini sebagai tempat wisata yang penuh dengan edukasi,” paparnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top