BOMBANA

Genjot Produktivitas Perkebunan Kelapa, Pemkab Bombana Gandeng Balitbangtan

KOLAKAPOS, Rumbia–Keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Bombana H.Tafdil dan Johan Salim dalam meningkatkan hasil Produksi guna menambah penghasilan ekonomi para petani sebagai mana dalam program Gembira palmal terpadu terus dilakukan.

Hal itu ditandai dengan adanya rapat bersama antara pemerintah daerah dan badan penelitian dan pengembangan pertanian (balitbantan) di ruang rapat bupati, Rabu (31/1).

Usai rapat bersama disela waktunya perwakilan kementerian pertanian, Fajri jupri sangat mendukung apa yang menjadi program bupati Bombana khususnya program pengembangan kelapa unggul. Untuk itu kata dia, terkait program tersebut pihaknya akan menyiapkan benih kelapa dalam unggul,kelapa ginja dan kelapa hibrida.

Untuk tiga jenis kelapa itu benih yang akan di persiapkan pihaknya yakni seluas 600 ha.Lebih rinci ia menjelaskan dari 600 ha lahan,terdapat 200 ha benih kelapa hibrida,200 ha kelapa dalam unggul dan 200 ha kelapa ginja,bila di konfersi mencapai 66 ribu benih kelapa,selain itu ada pula obat-obatan kelapa untuk mencegah gangguan pada benih

Lanjutnya, jenis kelapa ini bila di kembangkan di bombana hasilnya dapat di nikmati hanya dalam kurung waktu yang tidak begitu lama,”untuk kelapa dalam unggul dan kelapa ginja umur 7 tahun sudah bisa di nikmati,kelapa hibrida hanya 3 tahun saja,” katanya.

Penyediaan benih kelapa ini sangat terbatas akibat provinsi-provinsi di indonesia yang sangat minati jenis kelapa ini.

Jadi dalam pengembangan kelapa sesuai program bupati bukan hanya pengadaan benih dan obat-obatan saja tapi pengolahan dan perasaannya juga menjadi prioritas untuk membantu program tersebut, kami datang ke bombana untuk melakukan sinkronisasi program pemda dalam mewujudkan program pengembangan kelapa, ” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga sudah menyiapkan ayam kampung unggul untuk para peternak serta benih aren dan pinang, untuk benih ayam kampung unggul be ih yang di siapkan sebanyak 1000 per Kk di konversi 20 ekor per Kk. “benih ayam ini baru tahap awal kami sangat apresiasi program bupati dan wakil bupati bombana dalam meningkatkan ekonomi masyarakat terutama pada pengembangan kelapa dan ternak,” ungkap Fazri

Untuk pelaksanaannya kata fazri baik pengembangan kelapa dan pengadaan benih ayam kampung unggul akan di laksanakan bulan depan.

Sementara itu Bupati Bombana H.Tafdil mengatakan, bahwa pertemuan ini sebagai langkah awal dalam mewujudkan program yang akan di jalankan agar anggaran yang di siapkan dapat berjalan efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi mengenai kesiapan anggaran kita sudah hitung-hitungan bersama pihak Baligbantan agar dapat efektif ke masyarakat nantinya,”ujarnya. (k6,/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top